DECEMBER 9, 2022
Bisnis

Ingin Bisnis Tapi Gak Punya Modal? Ini Rahasia Sukses Tanpa Harus Pinjam Uang!

image
Cara Bisnis Tanpa Modal (Pixabay/helpsg)

BISNISABC.COM - Banyak orang yang ingin memulai bisnis tapi selalu terbentur satu masalah klasik, modal.

Keluhan seperti "mau bisnis tapi gak punya modal" sering terdengar, bahkan dari mereka yang punya ide cemerlang. Padahal, bisnis tanpa modal bukan hal mustahil, loh!

Seringkali, alasan gak punya modal ini bikin kita malah terus menunda-nunda mimpi berbisnis.

Baca Juga: 9.912 Narapidana di Riau Terima Remisi HUT RI,Pj Gubernur: Motivasi untuk Selalu Berperilaku Baik

Apalagi kalau mindset kita masih terjebak pada anggapan bahwa modal besar adalah kunci satu-satunya untuk sukses.

Padahal, ada banyak cara memulai bisnis tanpa harus ngutang atau mencari investor besar. Semua itu bisa dimulai dari diri sendiri, kreativitas, dan kejelian melihat peluang. Nah, buat kamu yang sudah capek ngeluh soal modal.

yuk kita bahas cara-cara simpel dan realistis yang bisa bikin kamu mulai bisnis meski kantong lagi tipis.

Baca Juga: Cara Jualan Bola-Bola Sosis Viral, Modal Kecil Untung Besar di Kantin Sekolah

• Kolaborasi dengan investor

Siapa bilang bisnis harus dimulai dengan modal sendiri? Di zaman sekarang, kolaborasi dengan investor bisa jadi solusi buat kamu yang punya ide bisnis, tapi kantong lagi tipis.

Seringkali, bukan modal yang kurang, tapi cara berpikir dan keberanian untuk mencari peluang dari orang lain yang gak punya modal, Kolaborasi ini gak cuma soal uang, tapi juga soal bagaimana kamu bisa meyakinkan calon investor bahwa idemu layak untuk didukung.

Baca Juga: Resep Sosis Telur Enak dan Murah, Cocok untuk Usaha Kecil!

Banyak orang yang sebenarnya punya dana lebih, tapi bingung mau dikembangkan ke mana. Di sinilah kamu bisa masuk dan menawarkan kerjasama bisnis yang saling menguntungkan dengan skill skill yang kamu punya.

• Tidak Boleh Ada Pengalaman Pernah Menipu

Tidak boleh punya pengalaman pernah nipu itu penting banget, terutama soal kejujuran dan kepercayaan, baik di kehidupan sehari-hari maupun di tempat kerja.

Baca Juga: Makna Bangkit dari Keterpurukan, Tidak Apa Merasa Kalah Asal Tahu Cara Kembali Bangkit

Kalau kita pernah nipu, bakal susah buat orang percaya lagi sama kita, dan itu bisa ngerusak hubungan yang udah dibangun.

Di tempat kerja, misalnya, kalau ketahuan pernah nipu, bos atau rekan kerja pasti bakal ragu buat ngasih tanggung jawab besar.

Begitu juga dalam pertemanan atau hubungan pribadi, orang pasti bakal susah percaya lagi dan hubungan jadi gak enak.

• Bisa Menjadi Orang Terpercaya

Bisa jadi orang yang dipercaya itu penting banget, karena kepercayaan itu dasar dari hubungan apa pun baik dalam kerjaan, pertemanan, atau keluarga.

Untuk jadi orang yang bisa dipercaya, kita harus konsisten dengan apa yang kita bilang dan lakukan. Janji yang dipegang, tanggung jawab yang diselesaikan, dan tak asal-asalan ngomong atau ngelakuin sesuatu.

Terus, transparan dan jujur juga penting. Kalau ada masalah, lebih baik ngomong terus terang daripada nutup-nutupin. Orang bakal lebih respect sama kita kalau tahu kita jujur, walaupun kadang tidak enak didengar.

Selain itu, penting juga buat jadi pendengar yang baik dan punya empati. Orang bakal ngerasa aman dan nyaman buat cerita kalau mereka tahu kita bisa simpan rahasia dan gak gampang nge-judge. Intinya, jadi orang yang bisa diandalkan dan selalu menjaga hubungan baik.

Berikut Rahasia sukses untuk berbisnis tanpa modal yang banyak orang menyepelekannya.***

Penulis Putri Najwa Kiromah

Sumber: Instagram suprato_tjoatja

Berita Terkait