DECEMBER 9, 2022
Humaniora

Telinga Berdenging? Ini Penjelasan dalam Islam dan Hadits yang Perlu Kamu Ketahui!

image
Deskripsi foto Penjelasan Telinga berdenging Menurut Islam (pixabay/Anemone 123) 

BISNISABC.COM - Pernahkah telinga kamu tiba-tiba berdenging tanpa alasan yang jelas? Bagi sebagian orang, hal ini dianggap sebagai sebuah tanda atau pesan khusus.

Dalam perspektif Islam, telinga berdenging tidak hanya dipandang sebagai fenomena fisik, tetapi juga sering dikaitkan dengan makna spiritual.

Islam memiliki penjelasan tersendiri mengenai hal ini, dan beberapa hadits memberikan pandangan terkait fenomena tersebut.

Baca Juga: Gempa Magnitudo 5,0 di Bali Terasa hingga Jember

Menurut beberapa ulama, berdengingnya telinga mungkin merupakan isyarat dari malaikat atau tanda bahwa seseorang sedang disebut-sebut di alam lain.

Ada sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abdullah bin Abbas yang menyebutkan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda:

"Jika salah seorang di antara kalian mendengar dengingan di telinganya, maka ingatlah Allah dan bershalawatlah kepadaku. Sebab, orang yang mendengarnya itu disebutkan di hadapan Allah." (H.R. al-Hakim, Ibnu as-Sinni, at-Tabarani).

Baca Juga: 9.912 Narapidana di Riau Terima Remisi HUT RI,Pj Gubernur: Motivasi untuk Selalu Berperilaku Baik

Hadits ini menunjukkan bahwa ketika telinga kita berdenging, bisa jadi itu adalah tanda bahwa nama kita sedang dibicarakan di hadapan Allah atau malaikat.

Oleh karena itu, dianjurkan untuk segera mengingat Allah dan bershalawat sebagai bentuk penghormatan dan pengingat untuk mendekatkan diri kepada-Nya.

Fenomena telinga berdenging dalam Islam, meskipun tidak selalu dijelaskan secara rinci dalam banyak hadits, tetap dianggap sebagai pengingat bagi umat Muslim untuk memperkuat keimanan dan ketakwaan.

Baca Juga: Pemkab Tangerang dan Bulog Intensifkan Gerakan Pasar Murah untuk Tekan Inflasi

Penulis: Putri Najwa Kiromah

 

Sumber: https://vt.tiktok.com/ZS29skNdF/

Berita Terkait