DECEMBER 9, 2022
Olahraga

Shin Tae-yong Harapkan Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Bergabung dengan Timnas Indonesia pada November 2024

image
Shin Tae-yong Harapkan Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Bergabung dengan Timnas Indonesia (Antara)

BISNISABC.COM - Pelatih tim nasional Indonesia, Shin Tae-yong, mengungkapkan harapannya agar dua pemain keturunan Indonesia yang memegang paspor Belanda, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders, dapat bergabung dengan timnya pada bulan November 2024.

"Saya berharap mereka bisa bermain pada bulan November. Sepertinya agak sulit jika di bulan Oktober," kata Shin di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, pada hari Minggu.

Saat ini, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders sedang menjalani proses naturalisasi untuk menjadi warga negara Indonesia dan bergabung dengan timnas.

Baca Juga: IHSG Bursa Efek Indonesia Menguat pada Jumat Sore Mengikuti Tren Positif di Bursa Saham Asia

Keduanya telah bertemu dengan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, pada Jumat (6/9) di Jakarta dan berlatih bersama timnas Indonesia keesokan harinya.

Belum ada informasi resmi mengenai kemajuan proses naturalisasi dari pihak PSSI atau pemerintah. Mereka harus melewati beberapa tahapan, mulai dari rekomendasi PSSI ke Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), hingga melibatkan Kementerian Hukum dan HAM, DPR RI, dan akhirnya disetujui oleh Presiden Republik Indonesia.

Manajer timnas Indonesia dan Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Kombes Pol Sumardji, meminta masyarakat untuk bersabar menunggu berita selanjutnya.

Baca Juga: Bagaimana Cara Membangun Personal Branding? Begini Penjelasan dari Caroline Castrillon

"Nanti akan ada pemberitahuan jika ada perkembangan," jelas Sumardji.

Mengenai apakah Mees dan Eliano akan hadir untuk menyaksikan pertandingan timnas Indonesia melawan Australia dalam laga Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada Selasa 10 Septermber 2024, Sumardji memastikan bahwa mereka tidak akan hadir karena sudah kembali ke Belanda.

"Eliano kembali pagi tadi, sementara Mees sudah kembali kemarin," kata Sumardji.

Baca Juga: Helikopter Rusia Mi-8 yang Hilang Ditemukan Terjatuh di Kamchatka

Pada bulan November 2024, Indonesia akan menghadapi dua laga kandang di Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, yaitu melawan Jepang pada 14 November dan Arab Saudi pada 19 November.

Eliano Reijnders adalah pemain di klub Liga Belanda Eredivisie, PEC Zwolle, yang berposisi sebagai bek kanan atau kiri. Pada musim ini, pemain berusia 23 tahun tersebut tampil dalam empat laga Zwolle, dengan tiga di antaranya sebagai starter penuh.

Eliano adalah adik dari gelandang klub AC Milan dan timnas Belanda, Tijjani Reinders, dan keduanya memiliki keturunan Indonesia dari ibu mereka yang berasal dari Ambon.

Baca Juga: Ribuan Demonstran Serbu Kedutaan Besar Israel di London Serukan Gencatan Senjata di Gaza

Mees Hilgers, juga berusia 23 tahun, adalah bek tengah di klub Eredivisie, Twente FC. Mees selalu tampil penuh dalam dua pertandingan terakhir Twente di liga musim ini dan juga bermain dalam dua laga putaran ketiga kualifikasi Liga Champions UEFA 2024-2025 melawan RB Salzburg.

Seperti Eliano, Mees juga memiliki ibu dari Indonesia, tepatnya dari Sulawesi Utara.***

Sumber: Antara

Berita Terkait