DECEMBER 9, 2022
Teknologi

Platform Media Sosial X Sediakan Fitur Login Passkey untuk Android

image
X Sediakan Fitur Login Passkey untuk Android (Antara)

BISNISABC.COM - Pada hari Kamis, platform media sosial X mengumumkan bahwa fitur login Passkey kini tersedia untuk aplikasi mereka di Android.

"Kami mulai meluncurkan Passkey sebagai opsi login di Android!" demikian pernyataan yang diunggah oleh akun @Safety di platform X pada hari Kamis.

Fitur Passkey pertama kali diperkenalkan kepada pengguna iOS di Amerika Serikat pada bulan Januari, dan kemudian diperluas ke seluruh dunia pada bulan April.

Baca Juga: Masuk 200 Tokoh Berpengaruh, Denny JA Terima International Lifetime Achievement Award 2024 dari White Page Leadership

Passkey adalah metode login baru yang diklaim lebih aman dibandingkan dengan password tradisional. Teknologi ini telah diterima oleh berbagai aplikasi seperti PayPal, TikTok, dan WhatsApp.

Teknologi Passkey dikembangkan oleh Google, Apple, Microsoft, FIDO Alliance, dan World Wide Web Consortium, dengan tujuan membuat login tanpa password tersedia di berbagai perangkat, sistem operasi, dan browser web.

Berbeda dengan metode login yang hanya menggunakan kombinasi nama pengguna dan password, Passkey memanfaatkan otentikasi biometrik seperti Face ID atau Touch ID, PIN, atau kunci keamanan fisik untuk memvalidasi login.

Baca Juga: 4 Tips Cerdas Memulai Bisnis Pakaian untuk Pemula

Proses ini menyatukan manfaat otentikasi dua faktor (2FA) dalam satu langkah, menjadikannya lebih lancar dan aman.

Pengguna X tetap harus membuat password untuk akun mereka. Setelah akun dibuat dan aplikasi dibuka, pengguna dapat mengaktifkan fitur Passkey dengan membuka tab Security dan memilih "Additional password protection."***

Sumber: Antara

Berita Terkait