DECEMBER 9, 2022
Olahraga

Indra Sjafri Minta Para Klub untuk Mulai Punya Pencari Bakat

image
Indra Sjafri Minta Para Klub untuk Mulai Punya Pencari Bakat (Antara)

BISNISABC.COM - Pelatih Timnas Indonesia U-20, Indra Sjafri, menekankan bahwa klub-klub di Liga Indonesia kini mulai memiliki pencari bakat.

Indra Sjafri berbagi pengalamannya saat melatih Garuda Muda di Toulon Cup 2024, di mana banyak pencari bakat dari berbagai klub internasional hadir untuk menilai potensi pemain di turnamen kelompok umur tersebut.

"Pentingnya pencari bakat sangat besar. Sekarang, apakah klub-klub Liga 1 dan Liga 2 sudah memiliki pencari bakat? Ketika saya ke Toulon, saya pikir orang-orang di tribun adalah penonton, tetapi ternyata mereka adalah pencari bakat dari seluruh dunia. Kita perlu hal seperti itu di Indonesia," ujar Indra Sjafri, seperti dikutip dari Antara.

Baca Juga: Akuisisi MUFG atas Mandala Finance akan selesai awal tahun depan 

Menurut pelatih yang membawa tim Merah Putih meraih medali emas di SEA Games 2023 ini, budaya pencari bakat yang aktif di setiap turnamen kelompok umur di seluruh Indonesia akan mempermudah proses regenerasi tim.

Ia menambahkan bahwa klub merupakan tempat yang ideal untuk mengembangkan talenta muda, karena klub berfungsi sebagai "pabrik pemain."

"Saya pernah berbicara dengan pemilik klub dan mereka menyatakan bahwa pencarian bakat tidak hanya tugas PSSI. Bagaimana nasib pemain-pemain itu ke depannya? Klub adalah pabrik pemain," kata Indra Sjafri.

Baca Juga: Hadirkan Narasumber I Ketut Surajaya, SATUPENA Akan Diskusikan Pentingnya Menjaga Marwah Gelar Akademik

Indra juga menjelaskan bahwa turnamen usia dini, seperti Mustika Java International Cup 2024, menjadi peluang penting bagi pencari bakat untuk menemukan pemain-pemain unggul.

"Kini, kompetisi semakin banyak yang disponsori oleh pihak swasta. Dulu hanya ada beberapa, tapi sekarang semakin banyak, termasuk Mustika, yang memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk menunjukkan nilai kompetitif mereka," tambahnya.

Indra Sjafri saat ini juga menjabat sebagai Direktur Teknik timnas Indonesia.***

Berita Terkait