DECEMBER 9, 2022
Teknologi

Samsung Galaxy S24 Kuasai Pasar Smartphone GenAI di Awal Tahun 2024

image
Samsung Galaxy S24 Kuasai Pasar Smartphone (Samsung.com)

BISNISABC.COM - GenAI atau Generative AI mulai menunjukkan taringnya di pasar smartphone. Pada kuartal pertama tahun 2024.

Smartphone dengan kemampuan GenAI menyumbang 6% dari total penjualan smartphone global, melonjak jauh dari 1,3% di kuartal sebelumnya.

Hal ini menunjukkan peluang besar bagi para pemain di industri ini, sebagaimana dikutip dari counterpointresearch.com, pada 30 Mei 2024.

Baca Juga: Ponsel Konsep Rollable Motorola Tunjukkan Lipatan Bukan Satu-Satunya Jalan Maju

Samsung menjadi raja di segmen ini dengan Seri Galaxy S24 yang mendominasi pasar. Galaxy S24 Ultra menjadi model terlaris.

Menguasai lebih dari 30% pangsa pasar, mengalahkan dua pesaing terdekatnya. Keberhasilan ini diraih Samsung berkat strategi pemasaran yang agresif dan reputasi globalnya yang kuat.

Fitur-fitur GenAI seperti bantuan chat/catatan, lingkaran untuk mencari, dan terjemahan langsung pada Galaxy S24 pun disukai pengguna dan mendapat ulasan positif.

Baca Juga: Sering Terjadi Kecelakaan, KAI Tanjungkarang Tutup Perlintasan KA Liar di Martapura Sumsel

Merek lain yang tak mau ketinggalan adalah perusahaan-perusahaan Tiongkok.

Mereka menempati enam dari sepuluh besar smartphone GenAI terlaris. Xiaomi 14 dan vivo X100 masing-masing berada di urutan keempat dan kelima.

Merek-merek seperti Xiaomi, vivo, HONOR, dan OPPO gencar mengintegrasikan fitur-fitur GenAI seperti potret yang dihasilkan AI, alat penghapus AI, dan asisten virtual offline yang canggih.

Baca Juga: Bocoran Spesifikasi Galaxy S25, Sang Flagship Terbaru dari Samsung

Strategi fokus pada pasar domestik Tiongkok menjadikan negara ini sebagai pasar smartphone GenAI terbesar di dunia, dengan sepertiga pangsa pasar global.

Secara keseluruhan, pasar smartphone GenAI diprediksikan akan terus bertumbuh hingga mencapai 11% dari total pasar smartphone di tahun 2024.

Hal ini didorong oleh munculnya berbagai kasus penggunaan baru dan meningkatnya kesadaran konsumen.

Baca Juga: GAC AION Siap Gebyar Tiga Mobil Listrik Baru Tiap Tahun di Indonesia

Fitur-fitur yang fokus pada media dan asisten virtual yang dipersonalisasi diprediksikan menjadi pendorong utama pertumbuhan ini.

Di sisi lain, kehadiran chipset GenAI yang terjangkau dari perusahaan semikonduktor besar akan semakin mempercepat pertumbuhan pasar.

Menarik untuk dinantikan bagaimana Apple akan memasuki segmen ini dengan jajaran iPhone 2024 mereka di akhir tahun nanti.***

Sumber: counterpointresearch.com

Berita Terkait