DECEMBER 9, 2022
Gaya Hidup

Keraton Kasepuhan Cirebon: Wisata Sejarah, Budaya dan Legenda di Jawa Barat

image
Keraton Kasepuhan tidak hanya menyimpan sejarah panjang, tetapi juga menjadi pusat dari berbagai acara budaya. (Instagram.com/@cirebonholic)

BISNISABC.COM - Keraton Kasepuhan Cirebon menjadi salah satu destinasi wisata unggulan yang selalu menarik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Menghadirkan perpaduan antara sejarah, budaya, dan cerita legenda, keraton ini bukan hanya menjadi simbol kejayaan masa lalu, tapi juga cerminan betapa berharganya peninggalan leluhur.

Terletak di Cirebon, keraton ini menyimpan banyak keindahan yang patut kamu kunjungi, apalagi buat kamu yang penasaran dengan kisah-kisah dari masa lampau.

Baca Juga: Diskusi Satupena, Nia Samsihono Sebut Musikalisasi Puisi yang Biasa Tak Persis Sama dengan Kecerdasan Buatan

Bukan hanya bangunan megahnya yang menarik perhatian, Keraton Kasepuhan juga memiliki sejarah panjang yang penuh dengan tokoh-tokoh berpengaruh.

Didirikan oleh Syekh Syarif Hidayatullah alias Sunan Gunung Jati, keraton ini menjadi pusat dari Kerajaan Caruban Nagari.

Namun, namanya dahulu bukan Keraton Kasepuhan, melainkan Keraton Pakungwati, diambil dari nama seorang putri yang memiliki keindahan fisik dan budi luhur, Ratu Dewi Pakungwati.

Baca Juga: TAP MPR Nomor 33 Tahun 1967 Dihapus: Tuduhan Soekarno Pengkhianat dan Pendukung PKI Dinyatakan Tak Terbukti

Kini, Keraton Kasepuhan tidak hanya menyimpan sejarah panjang, tetapi juga menjadi pusat dari berbagai acara budaya.

Mulai dari festival hingga kirab budaya, keraton ini menjadi saksi dari beragam kegiatan budaya yang diikuti banyak daerah di Jawa Barat.

Selain acara budaya, Keraton Kasepuhan juga memiliki fasilitas pendukung yang lengkap.

Baca Juga: Pemkab Tangerang dan Bulog Intensifkan Gerakan Pasar Murah untuk Tekan Inflasi

Di dalam kompleks keraton, terdapat museum yang menyimpan barang-barang peninggalan Kesultanan, kantor pengelola, pemandu wisata, sanggar tari, hingga tempat pementasan seni.

Wisatawan juga akan menemukan fasilitas modern seperti telepon umum, toilet, dan tempat parkir yang luas.

Keraton Kasepuhan terletak di Kelurahan Kasepuhan, Kecamatan Lemahwungkuk.

Baca Juga: Amanda Rawles Sukses Perankan Laura Anna dengan Akting Memukau, Kini Filmnya Jadi Sorotan!

Dari Terminal Harjamukti, kamu bisa menuju ke arah timur laut dan hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit naik becak, atau 30 menit dari Stasiun Kejaksaan ke arah selatan.

Keraton Kasepuhan Cirebon tidak hanya menjadi saksi bisu kejayaan masa lalu, tetapi juga pusat kebudayaan yang terus hidup hingga sekarang.

Dengan kekayaan sejarah, berbagai festival budaya, serta fasilitas lengkap untuk wisatawan, keraton ini menjadi destinasi yang cocok untuk kamu yang ingin mengenal lebih dalam warisan leluhur.

Baca Juga: Guna Bawa Perubahan Besar di Masa Depan, Denny JA Bentuk Forum Kreator Era Artificial Intelligence

Jadi, jika kamu berkunjung ke Cirebon, jangan lupa untuk mampir ke Keraton Kasepuhan dan merasakan langsung keagungan peninggalan sejarah Jawa Barat.***

Penulis: I'shmatul Maula

Sumber: cirebonkota.go.id

Berita Terkait