DECEMBER 9, 2022
Bisnis

Warga Pangkalpinang Serbu Pasar Tradisional Menjelang Maulid Nabi

image
Warga Pangkalpinang Serbu Pasar Tradisional (Antara)

BISNISABC.COM - Warga Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, tampak ramai berkunjung ke pasar-pasar tradisional untuk memenuhi kebutuhan pangan mereka menjelang perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW di kota yang dikenal dengan julukan Kota Beribu Senyuman.

Menurut pantauan LKBN ANTARA Biro Provinsi Kepulauan Babel di Pasar Pagi Pangkalpinang pada Minggu pagi, banyak pengunjung yang memadati kios-kios penjual daging ayam, sapi, ikan, serta bahan-bahan masak seperti cabai, bawang, kelapa, dan sayur mayur. 

Sebaliknya, kios-kios yang menjual pakaian, sandal, dan peralatan rumah tangga lainnya terlihat lebih sepi karena masyarakat lebih memilih berfokus pada pembelian bahan pangan untuk merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga: 9.912 Narapidana di Riau Terima Remisi HUT RI,Pj Gubernur: Motivasi untuk Selalu Berperilaku Baik

Kemacetan lalu lintas terjadi di jalan utama depan pasar tradisional tersebut, dengan banyaknya kendaraan roda dua yang memadati area tersebut.

Untuk menjaga kelancaran dan keamanan, puluhan aparat Satpol PP Kota Pangkalpinang dikerahkan untuk mengatur lalu lintas dan mengawasi situasi di Pasar Pagi.

Salah seorang pedagang ikan di Pasar Pagi Pangkalpinang, Minah, menyatakan bahwa pasar mulai ramai sejak pukul 05.00 WIB dengan pengunjung yang mencari berbagai kebutuhan masakan, termasuk ikan dagangannya. 

Baca Juga: Jota Tampil Memukau sebagai Penyerang Tengah, Liverpool Menang 2-0 atas Ipswich Town

"Alhamdulillah, jumlah pengunjung hari ini lebih banyak dibandingkan dengan hari Sabtu kemarin," ujarnya. 

Meski terjadi lonjakan pengunjung, Minah mengaku tidak menaikkan harga ikan karena stok yang melimpah.

"Kami tidak ingin menaikkan harga di tengah kondisi ekonomi masyarakat yang sedang lesu. Jika harga dinaikkan, masyarakat mungkin enggan membeli ikan, dan kami sendiri yang akan dirugikan jika ikan tidak terjual," tambahnya.

Baca Juga: Sri Mulyani Sebut Indonesia Pelopor Diskusi Perubahan Iklim dari Perspektif Ekonomi dan Keuangan

Kepala Disperindag Provinsi Kepulauan Babel, Tarmin AB, mengungkapkan bahwa harga ikan segar tetap stabil.

Contohnya, harga ikan kembung masih berada di kisaran Rp40.000 hingga Rp45.000 per kilogram, bandeng Rp35.000 hingga Rp40.000 per kilogram, dan ikan tongkol segar Rp30.000 hingga Rp40.000 per kilogram, tergantung kualitasnya.

"Stok dan harga kebutuhan pokok menjelang Maulid Nabi tahun ini masih stabil, yang dapat meningkatkan daya beli masyarakat dalam merayakan hari besar ini," kata Tarmin.***

Sumber: Antara

Berita Terkait