DECEMBER 9, 2022
Bisnis

Pertamina Resmi Naikkan Harga Pertamax Jadi Rp13.700 pada 10 Agustus 2024

image
Pertamina Resmi Naikkan Harga Pertamax (Antara)

BISNISABC.COM - PT Pertamina Patra Niaga resmi menaikkan harga Pertamax dari Rp12.950 per liter menjadi Rp13.700 per liter.

Harga baru untuk bahan bakar minyak (BBM) jenis RON 92 ini mulai berlaku di SPBU Pertamina wilayah Provinsi Aceh, Pulau Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara pada Sabtu, 10 Agustus 2024, pukul 00.00 waktu setempat.

Pejabat sementara Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Heppy Wulansari, dalam keterangannya di Jakarta pada Sabtu, menjelaskan bahwa penyesuaian harga BBM Non Subsidi ini didasarkan pada tren harga rata-rata minyak dunia (ICP) dan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS.

Baca Juga: Dukung Para Ibu Menyusui, KAI Daop 6 Yogyakarta Sediakan Ruang Laktasi di 8 Stasiun

Sebelumnya, meskipun ICP telah mengalami kenaikan sejak akhir kuartal pertama, harga BBM Non Subsidi Pertamina Patra Niaga tetap tidak berubah sejak Maret 2024 untuk menjaga stabilitas ekonomi.

Namun, akhirnya Pertamina Patra Niaga menyesuaikan harga sejalan dengan langkah yang telah diambil oleh seluruh badan usaha lainnya sejak awal Agustus 2024.

"Seperti badan usaha lain, Pertamina juga menyesuaikan harga BBM Non Subsidi secara bertahap," ujar Heppy.

Baca Juga: Jadi Narasumber SATUPENA, Tika Bisono Sebut Orang Usia Tua Masih Butuh Keterlibatan, Interaksi dan Komunikasi

Sebelumnya, produk BBM Non Subsidi lainnya seperti Pertamax Turbo, Pertamax Green 95, dan Dex Series juga telah mengalami penyesuaian harga pada awal Agustus 2024.

Heppy memastikan bahwa penetapan harga sudah sesuai dengan regulasi Kepmen ESDM No. 245.K/MG.01/MEM.M/2022, yang merupakan perubahan atas Kepmen No. 62/K/12/MEM/2020 terkait formulasi harga BBM non subsidi.

Kenaikan harga juga mempertimbangkan daya beli masyarakat.

Baca Juga: Dipimpin Sektor Bahan Baku, IHSG Jumat Sore Ditutup Menguat

"Kami memastikan harga ini tetap paling kompetitif untuk produk dengan kualitas yang setara," tambahnya.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai harga terbaru produk Pertamina, masyarakat dapat mengakses https://mypertamina.id/fuels-harga atau menghubungi Pertamina Call Center (PCC) 135.***

Sumber: Antara

Berita Terkait