DECEMBER 9, 2022
Bisnis

Bisa untuk Bersantai, Pemkot Mataram Fasilitasi Lapak PKL dengan Rooftop

image
Pemkot Mataram beri fasilitas rooftop untuk PKL (ANTARA/Nirkomala)

BISNISABC.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Mataram, membuat desain pembangunan lapak pedagang kaki lima (PKL) di Jalan Lingkar Selatan dilengkapi dengan rooftop.

Tujuan Pemkot Mataram memberi fasilitas rooftop kepada PKL di Lingkar Selatan agar dapat digunakan pengunjung untuk bersantai.

Selain itu, Pemkot Mataram yang membangun rooftop tersebut, agar para pengunjung bisa menikmati suasana kota terutama pada sore hari.

Baca Juga: Gratiskan Retribusi Pedagang Tempati Rest Area Gunung Mas, Pemkab Bogor: 6 Bulan ke Depan

"Untuk lapak PKL di Lingkar Selatan, akan kita bangun terbuka seperti gazebo berlantai dua," kata Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Mataram Uun Pujianto.

"Sehingga ada ruang tambahan di atas yang bisa dimanfaatkan sebagai rooftop," tuturnya, seperti dikutip dari Antara pada Selasa, 25 Juni 2024 di Mataram.

Apalagi, lanjutnya, jika menghadap ke barat yang merupakan kawasan pesisir pantai tentu akan terlihat lebih indah dengan pemandangan matahari tenggelam. 

Baca Juga: Tekan Inflasi, Pemkot Tangerang Pantau Ketersediaan Pangan di Pasar Tradisional

Desain pembangunan lapak PKL itu, saat ini masih dalam tahap revisi dan jika disetujui oleh pimpinan, maka kegiatan fisik segera dimulai.

"Untuk anggaran kita sudah siapkan Rp190 juta, tinggal digunakan," kata Pujianto.

Menurut Pujianto, pembangunan lapak dengan konsep terbuka seperti gazebo itu diperuntukkan bagi PKL yang berada di jalur "bypass" Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid Jalan Lingkar Selatan.

Baca Juga: Pemkot Ternate Uji Coba Pengoperasian Plaza Gamalama untuk Dukung Akselerasi Ekonomi

Relokasi PKL di kawasan "bypass" ini dinilai mendesak karena kawasan itu merupakan zona merah PKL atau harus steril dari aktivitas masyarakat sebab bisa mengganggu arus lalu lintas.

Karena itu, pemerintah kota sudah menyiapkan lahan di samping Kantor Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Mataram untuk mengakomodasi  66 PKL di kawasan tersebut.

"Lokasi relokasi ini pindah dari rencana lokasi sebelumnya bekas Lesehan Bebek Galih," katanya.

Baca Juga: Dinilai Terlalu Tinggi, Pemkab Bantul Ubah Target Pendapatan Pariwisata

Pujianto mengatakan, selain dilengkapi "rooftop", lapak PKL Lingkar Selatan ini juga akan dilengkapi panggung musik mini bisa menjadi ruang bagi pemusik akustik secara langsung atau sebagai tempat "live music".

Hal itu dimaksudkan untuk menciptakan suasana berbeda sekaligus menjadi daya tarik agar masyarakat bisa datang dan berbelanja di sentra PKL tersebut.

"Selain disiapkan panggung, berbagai peralatan musik termasuk sound system juga akan kita sediakan," katanya.***

Sumber: Antara

Berita Terkait