DECEMBER 9, 2022
Bisnis

Pemkot Ternate Uji Coba Pengoperasian Plaza Gamalama untuk Dukung Akselerasi Ekonomi

image
Plaza Gamalama yang dibangun Pemkot Ternate terletak di pusat kota. (ANTARA/Abdul Fatah)

BISNISABC.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate melakukan uji coba pengoperasian Plaza Gamalama yang baru saja dibangun.

Plaza Gamalama tersebut dibangun untuk mendukung akselerasi perekonomian masyarakat setempat pada Agustus 2024.

"Kami telah menemui manajemen PT Arena Tagaya untuk bisa memfungsikan Plaza Gamalama," kata Sekretaris Kota Ternate Rizal.

Baca Juga: Pemkot Bogor Bekerja Sama dengan Produsen Guna Jaga Harga Bahan Pokok Agar Tetap Stabil

"Guna mendukung pengembangan UMKM di daerah ini Marsaoly di Ternate," imbuhnya, seperti dikutip dari Antara pada 25 Juni 2024.

Pemerintah kota telah menjadwalkan pada Agustus 2024 akan menggelar berbagai kegiatan maupun festival UMKM  dipusatkan di Plaza Gamalama.

Sehingga bisa menarik animo masyarakat untuk berkunjung ke salah satu pusat ekonomi modern di Ternate tersebut.

Baca Juga: Gratiskan Retribusi Pedagang Tempati Rest Area Gunung Mas, Pemkab Bogor: 6 Bulan ke Depan

Apalagi, kehadiran pihak ketiga untuk pengelolaan asset Plaza Gamalama ini akan melibatkan berbagai pemangku kepentingan termasuk Kejaksaan Ternate guna melakukan pendampingan agar dalam penggunaan aset itu tidak bermasalah di kemudian hari.

Untuk itu, dengan kehadiran investor  mengelola Plaza Gamalama ini, kata Sekkot, akan memberikan kontribusi dalam menggenjot Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Pengelolaan  Plaza Gamalama oleh pihak ketiga ini telah dibahas dan ditawarkan dengan nilai kontraknya sebesar Rp3 miliar setiap tahun.

Baca Juga: Bongkar Lapak PKL di Terminal Mardika, Pemkot Ambon: Mengembalikan Fungsi Terminal

Sebelumnya Plaza Gamalama telah diresmikan penggunaan sejak 15 Februari 2021 sebagai salah satu pusat perbelanjaan modern yang  digunakan untuk peningkatan ekonomi masyarakat Kota Ternate.

Selain itu, untuk Pemkot Ternate juga sebelumnya berencana menjadikan Plaza Gamalama sebagai mal pelayanan publik, terutama dalam penyediaan akses usaha perizinan maupun pusat ekonomi masyarakat.

Bahkan, Pemkot Ternate memiliki keinginan untuk menjadikan Plaza Gamalama ini sebagai mal pelayanan publik.***

Sumber: Antara

Berita Terkait