DECEMBER 9, 2022
News

Prakiraan Cuaca Hari Ini: Hujan Diperkirakan Melanda Sejumlah Kota Besar di Indonesia

image
Hujan Diperkirakan Melanda Sejumlah Kota Besar di Indonesia (Antara)

BISNISABC.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan bahwa beberapa kota besar di Indonesia, termasuk Pekanbaru, Medan, Serang, Jakarta, Manado, Makassar, dan Jayapura, diprediksi akan mengalami hujan.

Dalam penjelasannya yang disampaikan pada hari Senin, prakirawan cuaca BMKG, Rif'at Darajat, mengungkapkan bahwa terdapat daerah dengan perlambatan kecepatan angin atau konvergensi yang terlihat memanjang dari Aceh, Sumatera Barat, dan Sumatera Selatan, serta dari Jawa Timur hingga Jawa Barat, juga dari Kalimantan Utara ke Kalimantan Barat, Sulawesi Tengah hingga Sulawesi Selatan, serta dari Papua Pegunungan hingga Papua Barat Daya.

"Di samping itu, terdapat area pertemuan angin atau konfluensi yang teramati di Samudera Hindia Barat Daya Pulau Jawa. Kondisi ini berpotensi meningkatkan pembentukan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi atau konfluensi," jelas Rif'at.

Baca Juga: Terungkap! Inilah Alasan Mengapa Beberapa Pekerjaan Mensyaratkan Tinggi Badan

Ia juga menambahkan, di Pulau Sumatra, kota Padang diperkirakan akan berasap atau berkabut, sementara hujan ringan diprediksi terjadi di Pekanbaru dan Tanjung Pinang. Medan dan Banda Aceh diharapkan akan mengalami hujan disertai kilat.

Untuk kota Lampung, cuaca diperkirakan berawan, sedangkan Jambi diprediksi berawan tebal. Hujan ringan kemungkinan terjadi di Bengkulu, Palembang, dan Pangkal Pinang.

Di Pulau Jawa, cuaca berawan tebal diperkirakan akan melanda Surabaya, Semarang, dan Yogyakarta. Hujan ringan diprediksi terjadi di Serang dan Jakarta.

Baca Juga: Udara Jakarta Gawat! Polusi Udara Bisa Bikin Sakit Parah, Ini Faktanya

"Warga di Bandung perlu waspada karena hujan dengan kilat diperkirakan akan turun di sana," tambahnya.

Di Bali dan Nusa Tenggara, Mataram dan Kupang diperkirakan berawan tebal, sedangkan Denpasar mungkin akan mengalami hujan ringan.

Untuk Pulau Kalimantan, Banjarmasin diperkirakan berawan, sedangkan Pontianak memiliki potensi hujan petir. Tanjung Selor, Samarinda, dan Palangkaraya juga diharapkan akan mengalami hujan disertai kilat.

Baca Juga: Realme Luncurkan 13 Pro Series 5G di Indonesia: Inovasi Fotografi dengan Kecerdasan Buatan

Di Sulawesi, Kendari diprediksi berkabut, Manado berawan, dan Gorontalo berawan tebal. Hujan ringan diperkirakan di Makassar, sementara Mamuju akan mengalami hujan sedang. Palu diperkirakan akan mengalami hujan disertai kilat.

Di wilayah timur Indonesia, Ambon diperkirakan berawan, Ternate berawan tebal, dan Jayapura kemungkinan akan mengalami hujan ringan.

Selain itu, Sorong, Manokwari, Nabire, Jayawijaya, dan Merauke diharapkan akan mengalami hujan dengan intensitas sedang.***

Sumber: Antara

Berita Terkait