DECEMBER 9, 2022
Humaniora

Lakukan 3 Hal Ini Saat Kuliah Agar Cepat Dapat Kerja, Jarang Diketahui!

image
3 hal agar cepat dapat kerja (Pixabay/ Ronald Mandonga) 

BISNISABC.COM - Salah satu hal penting yang jarang diketahui adalah membangun jaringan profesional sejak dini.

Terlibat dalam organisasi kampus, magang, atau menghadiri seminar industri bisa membuka pintu untuk peluang kerja.

Perusahaan sering mencari kandidat yang sudah memiliki relasi di dunia kerja, sehingga jaringan ini bisa menjadi kunci penting untuk memulai karir.

Baca Juga: Ribuan Demonstran Serbu Kedutaan Besar Israel di London Serukan Gencatan Senjata di Gaza

Mengembangkan soft skills dan hard skills yang relevan juga sangat krusial. Banyak lulusan yang hanya fokus pada teori, namun kurang dalam kemampuan komunikasi, manajemen waktu, atau keterampilan teknis yang dibutuhkan di dunia kerja.

1. Magang

Magang ini menjadi salah satu kewajiban bagi mahasiswa di semester akhir untuk memenuhi tugas mata kuliahnya, magang ini terkadang kerja sesuai profesi jurusan.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Serial Horor Netflix 2024 yang Cocok untuk Uji Nyali

Mencari tempat magang yang bagus dan sebisa mungkin ini akan menjadi koneksi terbagus untuk portofolio di CV kalian, bagi mahasiswa nanti jika melamar kerja sungguhan.

Magang saat kuliah tidak hanya memberikan pengalaman kerja, tetapi juga membuka banyak peluang yang jarang disadari oleh mahasiswa. Salah satunya adalah membangun koneksi dengan profesional di industri terkait.

Dengan magang, mahasiswa memiliki kesempatan untuk bertemu dan bekerja langsung dengan orang-orang yang sudah berpengalaman, sehingga dapat memperluas jaringan dan mendapatkan referensi di kemudian hari.

Baca Juga: Milenial dan Generasi Z Berdiskusi Buku Hijrah Berkali-kali Ala Denny JA

2. Melatih Hard Skill Maupun Soft Skill

Asah Kemampuan Kalian Ketika Magang, Seperti kalian menyukai desain grafis, leadership, jurnalis, Content creator, skill akuntasi, negosiasi dll, dalami seluruh ilmu yang kamu minat, sampai kamu mahir sehingga akan mudah nanti orang merekrut kamu di bidang tersebut.

3.  Perbanyak Networking

Baca Juga: Ekspor Produk Perikanan Lampung Capai Rp214,68 Miliar pada Agustus 2024

Perbanyak jaringan karena ini sangat penting untuk kamu mendapatkan informasi pekerjaan, bukan hanya sekedar kenal, tapi kamu bisa menjaga relasi ini agar tetap memudahkan kamu mencari pekerjaan lewat relasi ini dari organisasi, atau pernah satu projek dengan siapa, kamu pernah ikut voulunter ataupun kegiatan apapun, dan ini sangat bermanfaat kelak nanti .

Semoga bermanfaat.***

Penulis: Putri Najwa Kiromah

Berita Terkait