DECEMBER 9, 2022
News

Kemenag Terjemahkan Al Quran ke Empat Bahasa Daerah

image
Kemenag Terjemahkan Al Quran ke Empat Bahasa Daerah (Antara)

BISNISABC.COM - Puslitbang Lektur, Khazanah, Keagamaan, dan Manajemen Organisasi (LKKMO) Balitbang dan Diklat Kementerian Agama mengumumkan bahwa mereka sedang menerjemahkan Al Quran ke dalam empat bahasa daerah tahun ini.

"Kami sedang menerjemahkan Al Quran ke dalam bahasa Betawi, bahasa Ternate Maluku Utara, bahasa Melayu Kupang, dan bahasa Dayak Palangkaraya," ujar Kepala LKKMO Moh. Isom.

Proyek penerjemahan Al Quran ke dalam bahasa daerah ini merupakan salah satu program unggulan Kementerian Agama. Saat ini, sudah ada 27 terjemahan Al Quran dalam bahasa daerah yang telah diselesaikan oleh Kemenag.

Baca Juga: JPFA memiliki inisiatif baru yang ditujukan untuk pengusaha restoran 

Isom menyebutkan bahwa penerjemahan Al Quran ke dalam empat bahasa daerah yang sedang dikerjakan telah mencapai Juz 1 hingga 15. Ditargetkan seluruh terjemahan akan selesai pada akhir tahun ini.

"Setelah seluruh 30 juz selesai, kami akan meluncurkan dan mendigitalisasikannya," kata Isom.

Menurut Isom, tujuan dari penerjemahan ini adalah untuk melestarikan kebudayaan, sejalan dengan amanat Undang-Undang (UU) Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan.

Baca Juga: Bakal Meluncur, Ini Model Motor Listrik ALVA Terbaru di GIIAS 2024

Selain itu, Kemenag ingin membuat Al Quran lebih dapat diakses oleh masyarakat daerah dengan memungkinkan mereka memahami pesan-pesan Al Quran dalam bahasa mereka sendiri.

Bahasa-bahasa yang dipilih untuk penerjemahan adalah bahasa-bahasa dengan jumlah penutur yang signifikan dan bahasa yang terancam punah.

"Proses penerjemahan melibatkan banyak pihak, termasuk akademisi, tokoh agama, tokoh adat, dan lembaga pelestarian bahasa daerah setempat," tambah Isom.

Baca Juga: Sesuaikan Kebutuhan Konsumen Indonesia, Suzuki Tawarkan Mobil Hybrid

Dalam hal distribusi, Kemenag bekerja sama dengan pemerintah provinsi dan kabupaten/kota untuk mencetak dan menyebarluaskan Al Quran ke sekolah, madrasah, pesantren, masjid, dan majelis taklim di daerah masing-masing.

Untuk versi digital, saat ini tersedia dalam bahasa Melayu Palembang, Melayu Jambi, Mandar, Using Banyuwangi, Sunda, dan Banyumasan.

"Versi digital dapat diakses melalui aplikasi Quran Kemenag yang dapat diunduh di Appstore atau Playstore," kata Isom.***

Sumber: Antara

Berita Terkait