DECEMBER 9, 2022
Bisnis

Anggaran HUT RI di IKN Capai Rp87 Miliar, Kemenkeu: Disebabkan Pengadaan Peralatan Upacara

image
Anggaran HUT RI di IKN (Antara)

BISNISABC.COM - Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan atau Kemenkeu, Isa Rachmatarwata, mengungkapkan anggaran perayaan Hari Kemerdekaan RI (HUT RI) ke-79 di Ibu Kota Nusantara (IKN) diperkirakan mencapai Rp87 miliar.

Menurut Kemenkeu, jJumlah tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan anggaran HUT RI di Jakarta tahun lalu yang mencapai Rp53 miliar.

"Jika dibandingkan dengan tahun lalu di Jakarta yang sebesar Rp53 miliar, kenaikan ini terutama disebabkan oleh pengadaan peralatan upacara yang baru di sana," ujar Isa.

Baca Juga: Baru saja dirilis 4 jam, apps Threads laris hingga digunakaan 5 juta orang

Isa menjelaskan bahwa peningkatan anggaran untuk perayaan HUT RI di IKN disebabkan oleh kebutuhan sarana dan prasarana fisik yang memerlukan akses khusus serta persiapan jamuan untuk tamu negara.

"Biaya terbesar berasal dari pengadaan peralatan upacara dan persiapan sarana fisik di lokasi baru tersebut. Selain itu, jamuan untuk tamu negara juga cukup besar, terutama karena infrastruktur untuk jamuan di lokasi tersebut belum sepenuhnya tersedia," jelasnya.

Dalam presentasinya, Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati, menyatakan bahwa hingga Juli 2024, realisasi anggaran untuk pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) mencapai Rp11,2 triliun.

Baca Juga: Menparekraf Sebut Penutupan TNK Secara Berkala Demi Dukung Kelestarian Lingkungan

Realisasi tersebut mencakup 26,4 persen dari total pagu anggaran yang ditetapkan pemerintah sebesar Rp42,5 triliun untuk tahun 2024.

"Hingga saat ini, yang telah dicairkan sekitar Rp11,2 triliun dari pagu anggaran 2024 sebesar Rp42,5 triliun. Namun, ini bukan berarti belanja hanya akan mencapai Rp11,2 triliun, masih akan ada penyerapan lebih lanjut, biasanya terjadi akselerasi pencairan pada kuartal ketiga dan keempat tahun 2024," ungkapnya.

Ia juga menyebutkan bahwa Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memiliki sekitar 108 kontrak pembangunan dengan nilai total Rp84,2 triliun, meskipun belum semuanya terserap.

Baca Juga: Menhub Lakukan Uji Coba Kereta Otonom untuk Persiapan HUT Ke-79 RI di IKN

Total alokasi anggaran untuk IKN pada tahun 2022-2024 mencapai Rp75 triliun. Realisasi pada tahun 2022 sebesar Rp5,5 triliun, kemudian meningkat signifikan menjadi Rp27 triliun pada 2023.***

Sumber: Antara

Berita Terkait