DECEMBER 9, 2022
Bisnis

Pastikan Ketersediaan Bahan Pangan, Babel Tambah Pasokan 27,5 Ton Telur Ayam

image
Babel Tambah Pasokan 27,5 Ton Telur Ayam (Antara)

BISNISABC.COM - Distributor pangan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung atau Babel telah meningkatkan pasokan dengan menambahkan 27,5 ton telur ayam ras untuk memastikan ketersediaan stok.

"Kami berharap tambahan pasokan ini dapat membantu menstabilkan harga telur ayam di tengah kondisi daya beli masyarakat yang sedang rendah," ujar Kepala Disperindag Kepulauan Babel, Tarmin AB.

Menurutnya, saat ini stok telur ayam ras di lima gudang distributor telah mencapai 37,6 ton dan dengan penambahan 27,5 ton, total stok minggu ini mencapai 65,1 ton. Hal ini memastikan bahwa persediaan telur mencukupi kebutuhan masyarakat.

Baca Juga: Podcast Meghan Markle Tidak Akan Dilanjutkan karena Kesepakatannya dengan Spotify Berakhir

"Pasokan telur ayam ras sebesar 27,5 ton dari Pulau Sumatera dijadwalkan tiba dan dibongkar di Pelabuhan Muntok, Bangka Barat, dalam minggu ini," tambahnya.

Ia juga menyebutkan bahwa harga telur ayam ras di tingkat eceran di Pasar Pembangunan Pangkalpinang masih bertahan di angka Rp31.000 per kilogram, sementara harga telur ayam kampung mencapai Rp80.000 per kilogram.

"Harga telur ayam kampung cukup tinggi karena stok dari petani lokal terbatas," jelasnya.

Baca Juga: BI Sebut Modal Asing yang Masuk ke Indonesia Capai Rp1,62 Triliun

Tarmin menambahkan bahwa untuk memenuhi kebutuhan telur masyarakat, pengusaha di Kepulauan Babel sangat bergantung pada pasokan dari luar daerah, mengingat usaha peternakan ayam petelur di wilayah ini masih minim.

"Saat ini, Pemprov Kepulauan Babel terus mendorong masyarakat untuk mengembangkan usaha peternakan ayam petelur guna mengurangi ketergantungan pada pasokan telur dari luar daerah," pungkasnya.***

Sumber: Antara

Berita Terkait