DECEMBER 9, 2022
Bisnis

Menhub Lakukan Uji Coba Kereta Otonom untuk Persiapan HUT Ke-79 RI di IKN

image
Menhub Lakukan Uji Coba Kereta Otonom (Antara)

BISNISABC.COM - Menteri Perhubungan atau Menhub Budi Karya Sumadi melakukan uji coba Autonomous Rail Transit (ART), sebuah kereta otonom, untuk transportasi perayaan HUT ke-79 Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Setelah uji coba di Penajam Paser Utara, Menhub mengungkapkan bahwa uji coba ini dilakukan sebagai persiapan untuk pengoperasian trem otonom pada 17 Agustus 2024 di IKN, tepat pada perayaan HUT Kemerdekaan RI.

"Hari ini saya bersama tim dari CRRC Cina melakukan uji coba ART yang dioperasikan dengan menggunakan marka jalan. Kami terus melakukan uji coba agar pada tanggal 17 Agustus 2024, kereta ini siap beroperasi dan dapat melayani dengan baik," ujar Menhub.

Baca Juga: Podcast Meghan Markle Tidak Akan Dilanjutkan karena Kesepakatannya dengan Spotify Berakhir

Menhub menjelaskan bahwa saat ini sudah ada satu unit trem otonom di IKN, yang akan difungsikan sebagai kendaraan pengumpan (feeder) bagi peserta upacara Hari Kemerdekaan RI pada tahap awal.

Kereta otonom ini memiliki kecepatan operasional hingga 40 km/jam di sepanjang Jalan Sumbu Kebangsaan Barat dan Jalan Sumbu Kebangsaan Timur.

"Kemarin sudah dilakukan gladi kotor. Dari pengamatan saya, ART tidak memerlukan penambahan khusus, tinggal dilakukan uji coba untuk memastikan kesiapan listrik dan pengoperasiannya," tambah Menhub.

Baca Juga: Indonesia Disebut Bisa Kalahkan China Produksi Anoda Baterai Litium, Luhut: Dalam Waktu Dekat

Menhub juga menuturkan bahwa trem otonom ini menggunakan baterai yang dioperasikan dengan bantuan marka jalan dan magnet, yang diharapkan dapat mengurangi emisi gas rumah kaca dan konsumsi energi, sesuai dengan konsep IKN sebagai kota cerdas, hijau, dan berkelanjutan.

Beliau menambahkan bahwa ART akan beroperasi di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN, berfungsi sebagai feeder yang melayani rute di sepanjang Sumbu Barat dan Sumbu Timur.

Selain itu, Menhub menjelaskan bahwa pihaknya, bersama dengan berbagai mitra kerja, juga sedang mempersiapkan kendaraan umum listrik untuk mendukung aksesibilitas di IKN, terutama menjelang peringatan HUT ke-79 RI tahun 2024.

Baca Juga: Menparekraf Sebut Penutupan TNK Secara Berkala Demi Dukung Kelestarian Lingkungan

"Kami akan memastikan secara bertahap bahwa semua transportasi di IKN ramah lingkungan," pungkas Menhub.***

Sumber: Antara

Berita Terkait