DECEMBER 9, 2022
Bisnis

Dalam Rangka HUT RI ke-79, DPMPTSP Gelar Layanan NIB Gratis untuk Pelaku Usaha Kota Tangerang

image
DPMPTSP Gelar Layanan NIB Gratis untuk Pelaku Usaha Kota Tangerang (Antara)

BISNISABC.COM - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu atau DPMPTSP Kota Tangerang menyelenggarakan layanan pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) gratis bagi pelaku usaha.

Pembuatan NIB gratis oleh DPMPTSP Tangerang dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia.

Kepala DPMPTSP Kota Tangerang, Sugiharto Achmad Bagdja, menyatakan bahwa program ini melibatkan 30 petugas yang mendatangi langsung pelaku usaha. Lokasi sasaran petugas antara lain Pasar Modern Modernland, Pasar Modern Banjar Wijaya, Plaza Baru Ciledug, Pasar Bersih Malabar, Pasar Shinta, Fresh Market Green Lake City, dan Tangcity Mall.

Baca Juga: TNI AL Sukses Gagalkan Penyelundupan 73.033 Benur Lobster di Pelabuhan Merak

"Kami menghadirkan pembuatan NIB gratis yang dilakukan secara door to door dengan 17 urusan perizinan di tujuh lokasi dengan melibatkan 30 petugas," ujarnya.

Langkah ini diambil untuk memudahkan pelaku usaha mengurus NIB secara gratis dan selesai dalam satu hari. Terutama untuk pedagang yang kurang familiar dengan proses pengurusan NIB secara online melalui https://www.oss.go.id.

"Dengan NIB Merdeka ini, pelaku usaha tidak perlu meninggalkan atau bahkan menutup dagangannya untuk berkunjung ke Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Tangerang atau gerai layanan lainnya," tambahnya.

Baca Juga: Pemkot Ambon optimalkan Penataan Aset Daerah Guna Tingkatkan PAD

Sejak Agustus 2021 hingga Agustus 2024, DPMPTSP Kota Tangerang telah menerbitkan 71.196 NIB bagi pelaku usaha, yang memberikan berbagai manfaat.

"Seluruh pelaku usaha di Kota Tangerang diimbau untuk segera mengurus NIB secara online atau offline. Banyak keuntungan dengan memiliki NIB, selain usahanya tercatat secara resmi juga mempermudah OPD untuk memberikan pelatihan dan pembinaan," katanya.

DPMPTSP Kota Tangerang juga membagikan 1.000 bendera Merah Putih untuk para pedagang dan masyarakat umum di lokasi NIB Merdeka.

Baca Juga: Jelang Pasar Murah, Bulog Sulteng Pastikan Stok Beras SPHP Masih Tersedia

"Ini sebagai bentuk sosialisasi ke seluruh masyarakat Kota Tangerang untuk segera memasang bendera di rumah atau lapak dagangan selama sebulan penuh. Ini sebagai bentuk jiwa kebangsaan dan rasa patriotisme terhadap Indonesia tercinta," ujarnya.***

Sumber: Antara

Berita Terkait