DECEMBER 9, 2022
Hiburan

4 Strategi Mudah Memulai Bisnis Fashion Agar Sukses Besar

image
Strategi Memulai Bisnis Fashion (labamu.co.id)

BISNISABC.COM - Ketika hendak memulai bisnis fashion memang perlu memiliki perencanaan atau strategi yang matang agar bisa sukses. 

Mengetahui strategi bisnis fashion menjadi langkah awal sekaligus kunci apakah bisnismu akan sukses di masa mendatang atau tidak. 

Tanpa strategi yang jelas, bisnis fashion yang dijalani bisa berisiko terhenti di tengah jalan. 

Baca Juga: 5 Cara Memulai Bisnis Bitcoin untuk Pemula, Simak Baik-baik

Berikut ini beberapa tips mudah memulai bisnis fashion online yang dapat dilakukan, seperti dikutip dari labamu.co.id: 

1. Lakukan riset pasar

Sebagai langkah awal, pastikan kamu melakukan riset pasar untuk menentukan produk yang hendak ditawarkan. Hal ini penting agar produk tersebut bisa diterima oleh pasar. 

Baca Juga: Harga Kopra Hitam di STA Kendari Naik Jadi Rp10.000 per Kg, Disbun: Bisa Stabil

Ini karena kamu tak bisa menjual produk secara asal.  Selain itu, kamu juga tidak bisa menjual produk karena keinginan sendiri. 

Ada beberapa cara yang bisa kamu coba saat melakukan riset pasar, yaitu melalui Google Trends, sosial media, dan langsung bertanya kepada konsumen. 

Tak hanya itu, kamu pun harus mampu mengenali target pasar dengan baik. Caranya bisa dengan melihat dari pesaing atau langsung berkomunikasi dengan calon konsumen.

Baca Juga: Perhatikan 5 Tips Ini Sebelum Membuka Bisnis Kuliner, Pemula Wajib Catat

2. Riset kompetitor

Tidak boleh lupa, kamu juga harus melakukan riset pasar melalui kompetitor. Riset pesaing dapat membantu kamu mengetahui produk fashion apa yang sedang diminati oleh konsumen. 

Lalu, bagaimana cara riset pesaing yang tepat? Sama halnya dengan riset pasar, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk riset kompetitor.

Baca Juga: Supaya Bisa Mandiri, Lapas Luwuk Latih Teknik Las Bagi Warga Binaan Pemasyarakatan

Misalnya, mempelajari produk yang ditawarkan pesaing baik melalui website maupun sosial media. Selain itu, cek juga ulasan dari pelanggan dan bandingkan harga produk dari pesaing. 

3. Membuat rencana bisnis

Rencana bisnis juga dapat menjadi konsep sekaligus acuan bisnis fashion yang nantinya kamu jalankan. Sama halnya dengan riset, kamu pun tak boleh membuat rencana bisnis tanpa pertimbangan. 

Baca Juga: Kemenhub Mulai Uji Coba Layanan Transportasi Massal Biskita Trans Depok pada Awal Juli

Adapun, rencana bisnis ini termasuk hasil riset, produk yang ingin dijual, strategi pemasaran yang kamu pakai, hingga analisis keuangan. 

Jangan lupa, masukkan pula analisis bisnis seperti potensi, kekuatan bisnis, kelemahan, dan tantangan yang nantinya akan kamu hadapi serta bagaimana solusi yang harus kamu lakukan. 

4. Siapkan modal

Saat memulai bisnis, termasuk bisnis fashion, modal punya peran yang sangat penting. Meski begitu, modal besar atau kecil sebenarnya tidak menjadi penentu kesuksesan bisnis yang kamu jalankan. Kuncinya adalah pintar mengelola dan mengatur modal tersebut. 

Jadi, bisnismu tidak hanya berjalan baik, tetapi keuntungan yang kamu dapatkan pun maksimal. Sama seperti membuat rencana bisnis, tak ada salahnya untuk membuat rencana finansial sehingga alur kas keuangan bisnis dapat dikelola dengan baik.***

Sumber: labamu.co.id

Berita Terkait