DECEMBER 9, 2022
Gaya Hidup

5 Wisata Sejarah yang Wajib Dikunjungi Jika Kamu di Cirebon

image
destinasi wisata bersejarah di cirebon ( YouTube/bansos pedia )

BISNISABC.COM - Cirebon adalah kota bersejarah yang kaya akan warisan budaya, membuatnya menjadi destinasi wajib bagi pecinta sejarah.

Salah satu tempat wisata sejarah destinasi yang paling terkenal bagi orang pendatang dari dulu yaitu peninggalan para wali dan sultan.

Biasanya wisatawan akan mengunjungi tempat-tempat sejarah yang sudah dikenal masyarakat  ini setelah dari ziarah para wali Sunan Gunung Jati atau syekh Datuk Kahfi.

Baca Juga: Dukung Perekonomian Rakyat, Polres Buleleng Gelar Bazar UMKM

Berikut 5 wisata sejarah yang perlu kamu kunjungi :

1. Keraton kasepuhan

Keraton Kasepuhan didirikan oleh Pangeran Cakrabuana pada tahun 1529. Pangeran Cakrabuana, yang juga dikenal sebagai Pangeran Walangsungsang, adalah putra dari Prabu Siliwangi, raja Kerajaan Pajajaran.

Baca Juga: Resep Sate Kambing khas Idul Adha ala Devina Hermawan, Dijamin Tidak Bau

Istana ini merupakan salah satu keraton tertua dan paling signifikan di wilayah tersebut, mencerminkan kekayaan warisan budaya Kesultanan Cirebon.

Arsitektur istana ini merupakan perpaduan antara pengaruh Jawa, Islam, Tiongkok, dan Eropa, yang mencerminkan multikulturalisme yang telah membentuk sejarah Cirebon.

Museum ini sudah banyak dikunjungi oleh wisata luar negeri, pengunjung dapat menjelajahi museum yang ada di dalam kompleks istana, yang menyimpan artefak dan peninggalan dari Kesultanan Cirebon.

Baca Juga: Resep Kulit Ayam Crispy dan Sambal Gledek, Cocok Buat Pecinta Pedas

Buka pada jam 08.00-18.00 wib, harga tiket masuk Kisaran Rp 10.000 - 20.000, berada di jalan kesepuhan kec, kesepuhan no 43 kab Cirebon.

2. Keraton Kanoman

Keraton ini yang didirikan oleh pangeran Karta wijaya, yang bergelar Sultan Anom satu pada tahun 1678 M.

Baca Juga: Menikmati Sarapan Ala Inggris dengan Resep English Breakfast yang Lezat dan Praktis

Sultan ini merupakan keturunan ke 7 dari sunan gunung jati, keraton ini berisi pusaka -pusaka dan benda bersejarah dari peninggalan para sultan yang masih tersimpan, adapula kereta  kencana Paksi naga limpana dan Jembrana.

Ada pintu-pintu masuk lawang berfungsi dan namanya masing-masing, pintu tersebut bernama lawang syahadat, dan lawang kiblat, lawang siblawong dan kejaksan.

Buka pada jam 09.00 - 17.00 wib, dengan harga tiket Rp. 10.00 an, berada di jalan Kanoman, kec lemahwungkuk, kota Cirebon

Baca Juga: Sensasi Baru! Kaki Naga Sayur: Resep Lezat dan Mudah untuk Ide Jualan

3. Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Bangunan ini yang didirikan oleh sunan gunung jati dan sunan Kalijaga, untuk fasilitas penyebab agama Islam.

Tempat ini menjadi tempat wisatawan karena arsitekturnya yang unik, dengan tembok bata yang mendominasi dan pintu bagian awal yang di desain Pendek menjadi para pengunjung harus menundukan kepalaya jika memasuki masjid.

Baca Juga: Antisipasi Kekeringan, Presiden Galakkan Pompanisasi di Seluruh Provinsi

Disini juga ada air yang bukan fungsinya untuk berwudhu tetapi juga yang diyakini banyak masyarakat air ini juga bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

Buka 24 jam harga masuk gratis, jalan kesepuhan lemahwungkuk kota Cirebon.

4. Makam Sunan Gunung Jati

Tempat ini menjadi tempat utama bagi wisata religion untuk mendoakan sunan gunung jati atau sunan Syarif Hidayatullah karena beliau adalah salah satu tokoh masyarakat yang menyebarkan agama Islam di Jawa Barat.

Tempat ini memiliki arsitektur dari Tiongkok, arab dan Jawa, gaya arsitektur Tiongkok terlihat dari desain makam dan dinding, sedangkan arsitektur Jawa terlihat pada bangunan makam.

Gaya unik di makam sunan gunung jati ini karena ada 9 pintu yang disusun menjadi 9 tingkat.

Harga masuk gratis, buka 24 jam , berada di jalan sunan gunung jati, Astana kec gunung jati Cirebon.

5. Petilasan Sunan Kali Jaga

Berada di pemukiman penduduk Kalijaga, kecamatan lemahwungkuk, tempat ini menjadi wisata religi pada saat Ramadhan Karena merupakan pusat dakwah sunan Kalijaga di tanah Jawa.

Tanah ini menjadi tempat singgah dan peristirahatan sunan Kalijaga semasa penyebaran agama Islam di Jawa barat bersama sunan gunung jati.

Buka 24 jam, berada di jalan Bhakti ABRI Kalijaga kec Harjamukti harga masuk gratis.

Berikut 5 wisata yang patut kalian kunjungi jika berada Cirebon.***

Penulis: Putri Najwa

Sumber: Youtube BansosPedia

Berita Terkait