DECEMBER 9, 2022
Humaniora

Rahasia Kedamaian ala Raditya Dika: Begini Cara Memahami Orang Lain Agar Bisa Mengubah Hidupmu

image
Kedamaian dalam memahami orang lain (Pixabay/Vika Glitter)

BISNISABC.COM - Siapa sih yang nggak kenal Raditya Dika? Penulis, komedian, dan content creator ini sering banget ngomongin soal kehidupan sehari-hari dengan sudut pandang yang kocak tapi penuh makna.

Salah satu hal yang sering dia tekankan dalam konten-kontennya adalah soal pentingnya memahami orang lain, terutama dalam menjalin hubungan.

Bukan cuma di dunia hiburan, memahami orang lain ternyata jadi salah satu kunci buat menciptakan kedamaian di hidup kita.

Baca Juga: Tanda-Tanda Luar Biasa Saat Kelahiran Nabi Muhammad SAW yang Jarang Diketahui!

Raditya Dika sendiri, baik dalam vlog atau buku-bukunya, sering mengangkat tema bagaimana memahami orang lain bisa mengurangi konflik dan bikin hidup lebih damai.

Mulai dari hubungan pasangan, pertemanan, sampai kehidupan keluarga, semua bisa jadi lebih baik kalau kita tahu cara memahami orang lain.

Berikut adalah beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mulai menciptakan kedamaian melalui pemahaman yang lebih baik terhadap orang lain dari Raditya Dika

Baca Juga: PT LIB Kecam Kericuhan Penonton Serang Petugas Steward di Bandung

1. Mendengarkan dengan Empati

Sering kali, kita mendengarkan hanya untuk membalas atau menjawab. Padahal, mendengarkan dengan penuh perhatian bisa memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang apa yang orang lain rasakan.

2. Mengesampingkan Ego

Baca Juga: MPR Bebaskan Nama Soeharto dari TAP MPR tentang Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme

Ketika kita selalu ingin menjadi yang benar, kita sulit memahami orang lain. Menurunkan ego bisa membuka jalan untuk dialog yang lebih baik.

3. Belajar dari Perspektif Lain

Memahami bukan berarti selalu setuju. Tapi dengan melihat dari sudut pandang yang berbeda, kita bisa lebih menghargai pemikiran dan perasaan orang lain.

Baca Juga: Mengakui Kerapuhan Justru Bisa Membuat Kita Lebih Kuat, Mengapa Demikian?

Dengan menerapkan hal-hal ini, kamu bisa mulai menciptakan kedamaian, baik di diri sendiri maupun di lingkungan sekitarmu.***

Penulis Putri Najwa Kiromah

Berita Terkait