DECEMBER 9, 2022
Bisnis

PT KAI Daop 1 Jakarta Tambah 8 Kereta Jarak Jauh untuk Libur Maulid Nabi, Berikut Jadwal dan Destinasinya

image
PT KAI Daop 1 Jakarta Tambah 8 Kereta Jarak Jauh (Antara)

BISNISABC.COM - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta telah menambah delapan kereta api jarak jauh khusus untuk libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 Hijriah yang berlangsung dari 14 hingga 17 September 2024.

Menurut Manajer Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko, total kapasitas tempat duduk yang disediakan mencapai 183.434, dengan 321 perjalanan kereta api, termasuk di antaranya delapan kereta tambahan tersebut.

Ixfan menjelaskan bahwa dari total kapasitas tersebut, 108.790 tempat duduk disediakan untuk keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen, sementara 74.644 tempat duduk tersedia dari Stasiun Gambir.

Baca Juga: Gangguan Kesehatan Mental Merajalela di Kalangan Anak Muda: Kenali Bahayanya!

Hingga sehari sebelum perayaan Maulid Nabi, sebanyak 135 ribu tempat duduk telah terpesan. Dari angka tersebut, 60 ribu penumpang berangkat dari Stasiun Pasar Senen dengan 32 perjalanan kereta api per hari, sedangkan 45 ribu penumpang berangkat dari Stasiun Gambir dengan 33 perjalanan kereta api per hari.

Sekitar 30 ribu penumpang lainnya berangkat dari stasiun-stasiun lain di wilayah KAI Daop 1 Jakarta seperti Bekasi, Jatinegara, Cikarang, Karawang, Cikampek, dan Jakarta Kota.

Untuk hari Minggu, Ixfan melaporkan bahwa ada sekitar 25.500 penumpang yang berangkat dari berbagai stasiun di wilayah KAI Daop 1 Jakarta, dengan 12 ribu di antaranya berasal dari Stasiun Pasar Senen dan 7.500 dari Stasiun Gambir. 

Baca Juga: 5 Rekomendasi Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk Android 2024, Ada PicsArt hingga ToonMe

"Angka ini masih tergolong tinggi dibandingkan hari biasa dan mungkin akan berubah karena penjualan tiket masih berlanjut," tambahnya.

Selama libur panjang ini, puncak arus keberangkatan diperkirakan terjadi pada Sabtu (14/9) dengan total 37.346 penumpang yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen dan Gambir. Kota-kota tujuan populer di antaranya adalah Yogyakarta, Malang, Solo, Blitar, Surabaya, dan Semarang.

Berikut adalah daftar kereta api tambahan yang dioperasikan selama periode libur Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 Hijriah dari Sabtu 14 September hingga Selasa 17 September:

Baca Juga: Jagung Jadi Pilar Ekonomi Ngawi, Bupati Ony Anwar Harsono Soroti Potensi Keuntungan Petani

- KA (20F) Argo Merbabu Tambahan relasi Gambir – Solo Balapan

- KA (7002A) Taksaka Tambahan relasi Gambir – Yogyakarta

- KA (7046) Argo Parahyangan Tambahan relasi Gambir – Bandung

Baca Juga: 3 Skil Ini Bikin Lulusan SMA Dapat Gaji Besar Saat Masuk Dunia Kerja

- KA (30F) Argo Cheribon relasi Gambir – Cirebon

- KA (80F) Manahan relasi Gambir – Solo Balapan

- KA (82F) Manahan relasi Gambir – Solo Balapan

Baca Juga: 2 Tanda Seseorang Ingin Bunuh Diri dan Cara Cepat Menolongnya, Waspada Sebelum Terlambat!

- KA (7028A) Pangandaran relasi Gambir – Banjar

- KA (7048A) Papandayan relasi Gambir – Garut

***

 

Sumber: Antara

Berita Terkait