DECEMBER 9, 2022
Humaniora

Inilah 3 Perbedaan Kebebasan Kuliah dengan SMA yang Jarang Dibahas

image
Deskripsi foto perbedaan masa kuliah dan SMA yang jarang dibahas (Pixabay/ drshohmelian)

BISNISABC.COM - Masa-masa transisi dari SMA ke perkuliahan sering kali jadi momen yang penuh kejutan. Banyak yang tidak menyadari bahwa dunia perkuliahan tidak sekadar soal belajar di kelas, tapi juga bagaimana kamu mengatur hidup sendiri. 

Salah satu kejutan terbesar adalah betapa fleksibelnya sistem kuliah dibandingkan SMA. Jika di SMA semua serba teratur, di perkuliahan kamu punya lebih banyak kendali atas jadwal dan kehidupan sehari-hari.

Tapi, kebebasan ini bisa bikin stres kalau tidak siap menghadapi tuntutan mandiri dalam belajar dan mengelola waktu.

Baca Juga: Bantal Kereta Cepat Whoosh Hilang, KCIC Imbau Penumpang Agar Tak Merusak Fasilitas

Bukan cuma itu, relasi dengan dosen dan sistem penilaian di kampus juga sangat berbeda. 

Untuk itu, yuk simak beberapa fun fact perbedaan antara perkuliahan dan SMA yang jarang dibahas, tapi penting banget kamu tahu sebelum memulai kehidupan sebagai mahasiswa.

1. Kebebasan dalam Jadwal

Baca Juga: 9.912 Narapidana di Riau Terima Remisi HUT RI,Pj Gubernur: Motivasi untuk Selalu Berperilaku Baik

Di SMA, jadwal pelajaran sudah ditentukan dan biasanya berlangsung dari pagi hingga sore. Namun, saat kuliah, kamu bisa memilih mata kuliah dan menyusun jadwal sesuai preferensi. Tapi hati-hati, meskipun fleksibel, ada beberapa mata kuliah yang tetap punya jadwal wajib.

2. Tanggung Jawab Lebih Besar

Kalau di SMA kamu sering diingatkan untuk mengerjakan tugas dan belajar untuk ujian, di kuliah ceritanya berbeda. Dosen tidak akan selalu mengingatkan kamu. Kamu sendiri yang harus lebih aktif dan bertanggung jawab terhadap apa yang harus dikerjakan dan kapan harus menyelesaikannya.

Baca Juga: Orasi Denny JA: Penulis di Era Artificial Intelligence dan 6 Data Statistik

3. Sistem Penilaian Lebih Fleksibel

Sistem penilaian di SMA sangat bergantung pada ujian akhir dan ulangan harian. Di kuliah, nilai bisa datang dari berbagai aspek seperti tugas individu, kerja kelompok, partisipasi di kelas, hingga proyek akhir. Ujian memang tetap ada, tapi bukan satu-satunya faktor penentu nilai akhir.

Itulah beberapa perbedaan penting yang perlu kamu tahu saat memasuki dunia perkuliahan. Jadi, siapkah kamu menghadapi kebebasan dan tanggung jawab yang lebih besar di kampus.***

Penulis: Putri Najwa Kiromah 

Berita Terkait