DECEMBER 9, 2022
Humaniora

Perbedaan antara Universitas, Fakultas, Prodi dan Jurusan yang Perlu Kamu Ketahui

image
Ilustrasi perbedaan tentang Universitas, Fakultas, Prodi dan Jurusan (Pixabay/Hans)

BISNISABC.COM - Dalam sistem pendidikan tinggi di Indonesia, terdapat beberapa istilah yang sering digunakan, yaitu Universitas, Fakultas, Program Studi (prodi), dan Jurusan.

Bayak Mahasiswa baru (Maba) yang kadang belum tahu banyak tentang hal ini, artikel ini bisa menjadi pengetahuan kamu dalam perbedaan yang sering kalian dengar di perkuliahan.

Ini dia beberapa perbedaan dari Universitas, Fakultas, Prodi dan Jurusan yang perlu kamu ketahui.

Baca Juga: Dolar AS menguat dalam menghadapi meningkatnya permintaan safe haven

Universitas

Universitas ini adalah sebuah lembaga yang penyebutan sama aja seperti SMA, SMP, SD, namun bedanya Di Indonesia, universitas adalah institusi pendidikan tinggi yang menyelenggarakan berbagai jenjang pendidikan dan disiplin ilmu.

Lembaga ini biasanya memiliki kewenangan untuk memberikan gelar sarjana, magister, dan doktor. Salah satu ciri khas universitas adalah keberagaman program studi yang ditawarkannya, mencakup berbagai bidang seperti ilmu sosial, sains, teknologi, kesehatan, dan humaniora.

Baca Juga: KAI Rubah Sejumlah Pola Perjalanan Kereta Api per 1 Juli 2024

Universitas juga sering terlibat dalam penelitian ilmiah, baik di tingkat nasional maupun internasional, sebagai kontribusi terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Fakultas

Fakultas ini adalah sebuah kelompok di bawah universitas yang mana di dalam nya ada program prodi dan jurusan.

Baca Juga: Ketika Orang Pintar Pun Jadi Jongos: Menyambut Pertunjukan Teater di Yogyakarta

Fakultas adalah unit utama dalam universitas yang bertanggung jawab atas bidang-bidang akademik tertentu. Setiap fakultas mengelola beberapa program studi atau jurusan yang terkait dengan satu cabang ilmu pengetahuan tertentu.

Misalnya, Fakultas Ekonomi mengelola berbagai program studi seperti Akuntansi, Manajemen, dan Ekonomi Pembangunan. Fakultas juga berperan sebagai wadah bagi dosen dan peneliti dalam mengembangkan kurikulum dan melakukan penelitian. Dengan adanya fakultas, struktur akademik universitas menjadi lebih terorganisir sesuai dengan bidang ilmu yang dipelajari.

Program studi (prodi )

Baca Juga: Bank Aceh Syariah Menghadirkan Layanan Weekend Banking Selama PON XXI Aceh-Sumut 2024

Program studi adalah unit pendidikan yang menawarkan kurikulum lengkap untuk bidang ilmu tertentu dan merupakan bagian dari fakultas. Mahasiswa yang masuk ke suatu universitas biasanya memilih program studi sesuai minat mereka, seperti Program Studi Teknik Mesin, Hukum, atau Psikologi

Jurusan

Jurusan ini  sering digunakan sebagai istilah informal yang merujuk pada cabang spesifik dalam sebuah program studi. Misalnya, dalam Program Studi Ilmu Komunikasi, terdapat jurusan Public Relations, Jurnalistik, atau Media Digital. Dengan demikian, jurusan berada dalam lingkup program studi yang lebih luas.***

Baca Juga: Jokowi Ingin Menegaskan Legacy Lewat Narasi 40 Hari Berkantor di Ibu Kota Negara Nusantara

Penulis: Putri Najwa Kiromah 

Berita Terkait