DECEMBER 9, 2022
Bisnis

KAI Daop 1 Jakarta Menyesuaikan Jadwal Kereta untuk Sambut Kunjungan Paus Fransiskus

image
KAI Daop 1 Jakarta Menyesuaikan Jadwal Kereta (Antara)

BISNISABC.COM - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta akan melakukan penyesuaian pada pola perjalanan delapan kereta api jarak jauh yang berangkat dari Stasiun Gambir.

Penyesuaian ini dilakukan untuk mengakomodasi peningkatan jumlah penumpang menyusul kunjungan Paus Fransiskus ke Jakarta.

Menurut Manajer Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko, pada hari Selasa, kereta api yang biasanya tidak berhenti di Stasiun Jatinegara akan melakukan pemberhentian khusus pada tanggal 4 dan 5 September 2024.

Baca Juga: 9.912 Narapidana di Riau Terima Remisi HUT RI,Pj Gubernur: Motivasi untuk Selalu Berperilaku Baik

Selama periode tersebut, antara pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB, kereta akan berhenti di Stasiun Jatinegara untuk melayani penumpang.

"Langkah ini diambil untuk mencegah keterlambatan penumpang, mengingat kemungkinan kemacetan di sekitar Monas dan jalan menuju Stasiun Gambir karena kunjungan Paus Fransiskus ke Gereja Katedral dan Masjid Istiqlal," kata Ixfan.

Dia juga menambahkan bahwa jadwal keberangkatan kereta api dari Stasiun Gambir tidak mengalami perubahan. Dengan penyesuaian ini, diharapkan pelanggan bisa menghindari kemacetan dan memiliki opsi alternatif untuk berangkat dari Stasiun Jatinegara.

Baca Juga: Nasi Goreng Cabe Ijo ala Devina Hermawan: Cita Rasa Pedas yang Menggugah Selera

Adapun kereta api jarak jauh yang akan berhenti di Stasiun Jatinegara pada 4 dan 5 September 2024 adalah sebagai berikut:

  • Argo Bromo Anggrek KA 2 dari Gambir ke Surabaya Pasar Turi, berangkat pukul 08.20 WIB
  • Argo Cheribon KA 26A dari Gambir ke Cirebon, berangkat pukul 08.30 WIB
  • Taksaka KA 68 dari Gambir ke Yogyakarta, berangkat pukul 09.20 WIB
  • Pangandaran Plb 7028A dari Gambir ke Banjar, berangkat pukul 09.30 WIB
  • Sembrani Plb 62A dari Gambir ke Surabaya Pasar Turi, berangkat pukul 09.50 WIB
  • Argo Cheribon KA 22A dari Gambir ke Cirebon, berangkat pukul 10.10 WIB
  • Argo Merbabu KA 20F dari Gambir ke Semarang Tawang Bank Jateng, berangkat pukul 14.20 WIB
  • Brawijaya KA 58 dari Gambir ke Malang, berangkat pukul 15.40 WIB

Paus Fransiskus beserta rombongan dijadwalkan tiba di Terminal VVIP Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, pada Selasa sekitar pukul 11.25 WIB dengan pesawat komersial ITA Airways Z400.

Kunjungan resmi Paus akan dimulai dengan pertemuan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka pada pukul 09.30 WIB, diikuti oleh kunjungan ke Gereja Katedral Jakarta pada Rabu, 4 September 2024.

Baca Juga: Helikopter Rusia Mi-8 yang Hilang Ditemukan Terjatuh di Kamchatka

Pada Kamis, 5 September 2024, Paus Fransiskus akan mengunjungi Masjid Istiqlal Jakarta dan kemudian menghadiri pertemuan dengan penerima manfaat organisasi amal di Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), serta memimpin misa akbar di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Pada Jumat, 6 September 2024, Paus akan melanjutkan perjalanan apostoliknya ke Papua Nugini.

Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia, Papua Nugini, Timor Leste, dan Singapura dijadwalkan berlangsung dari 2 hingga 13 September 2024.***

Baca Juga: ORASI DENNY JA: Belajar Keberagaman dari Sayyidina Ali

 

 

Sumber: Antara

Berita Terkait