DECEMBER 9, 2022
Bisnis

AHY Dorong Lulusan STPN Masuk ASN melalui Program Pendidikan Kedinasan

image
Menteri Agraria dan Tata Ruang (Antra)

BISNISABC.COM - Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyatakan tekadnya untuk memperjuangkan sistem rekrutmen ASN bagi lulusan Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN) Yogyakarta melalui jalur ikatan dinas.

"Saya akan mendorong agar rekrutmen ASN dari alumni STPN dilakukan melalui program pendidikan kedinasan dengan jalur ikatan dinas," ujar AHY dalam sambutannya pada Wisuda STPN Tahun Akademik 2023/2024 di Yogyakarta, Minggu.

Menteri ATR menekankan pentingnya program pendidikan kedinasan, yang akan memberikan peluang lebih besar bagi alumni STPN untuk bergabung sebagai ASN.

Baca Juga: Antisipasi Terjadi Inflasi Jelang Idul Adha, Pemkot Lhokseumawe Gelar Gerakan Pangan Murah

Dia menjelaskan bahwa kebijakan ini bertujuan untuk memastikan lulusan STPN Yogyakarta memiliki jalur karir yang jelas di bidang pertanahan dan tata ruang.

Namun, AHY mengakui bahwa perjuangan ini memerlukan kerjasama dari berbagai pihak, termasuk lintas kementerian dan lembaga, bukan hanya Kementerian ATR/BPN.

"Kita harus bersama-sama mendukung inisiatif ini karena melibatkan banyak pihak, bukan hanya Kementerian ATR/BPN, tetapi juga kerja sama antar kementerian dan lembaga," tambahnya.

Baca Juga: IHSG Senin Sore Sempat Anjlok hingga 4 Persen, Airlangga Minta Investor Tak Khawatir

Dia mengajak semua pihak untuk mendukung inisiatif tersebut agar lulusan STPN dapat memiliki prospek karir yang lebih baik.

"Marilah kita dukung agar adik-adik kita bisa memiliki masa depan yang lebih cerah dengan meniti karir di bidang yang sesuai dengan keahlian mereka," kata AHY.

Dalam rencana tersebut, AHY menyebutkan bahwa akan dilakukan seleksi dan inventarisasi kebutuhan kepegawaian ASN yang memerlukan keterampilan khusus dari lulusan STPN.

Baca Juga: Catat! Ini 5 HP Oppo Terkeren dari Tahun 2024 hingga 2025 Mendatang

Proses ini bertujuan untuk memastikan penempatan ASN dilakukan secara efektif sesuai kebutuhan.

AHY juga berkomitmen untuk menjalin komunikasi yang lebih intens dengan Sekretaris Jenderal dan Ketua STPN untuk memastikan bahwa lulusan STPN dapat terserap langsung ke ATR/BPN atau ke kementerian dan pemerintah daerah.

"Saya bersama Sekjen dan Ketua STPN akan mempererat koordinasi untuk memastikan lulusan dapat diterima di ATR/BPN serta kementerian dan pemerintah daerah," pungkasnya.

Baca Juga: 3 Tips Bangun Bisnis dari Nol yang Efektif dan Tepat Sasaran

Pada acara wisuda tersebut, Menteri ATR menyaksikan prosesi wisuda 702 lulusan STPN Tahun Akademik 2023/2024, yang terdiri dari 439 orang dari Program D1 Pemetaan dan Pengukuran Kadastral serta 263 orang dari Program D4 Pertanahan.***

Sumber: Antara

Berita Terkait