DECEMBER 9, 2022
Bisnis

Tips Mengelola Stres dengan Mudah, Kunci Hidup Lebih Bahagia dan Sehat

image
Orang merenung (pixabay.com/pixels)

BISNISABC.COM - Stres bisa datang kapan saja di kehidupan anda, bisa juga datang dari dunia pekerjaan dari tuntutan akademik atau kehidupan sehari-hari yang anda jalani.

Stres jika tidak di kelola dengan baik akan memengaruhi kesehatan fisik dan mental, namun jangan khawatir di bawah ini akan ada cara meredakan stres yang anda alami.

Berikut ada beberapa cara mengelola atau meredakan stres:

Baca Juga: Bantal Kereta Cepat Whoosh Hilang, KCIC Imbau Penumpang Agar Tak Merusak Fasilitas

1. Kenali sumber stress 

Kalian bisa kenali asal stres itu dari mana untuk bisa mengenali secara spesifik,apakah stress itu muncuul dari pekerjaan, study, atau permaslahan keuangan agar kamu bisa mengetahui solusi untuk meredakan nya.

2. Melakukan refleksi diri 

Baca Juga: Dinilai Ada Kecurangan, Negara Amerika Latin Tolak Akui Hasil Pilpres Venezuela

Luangkan waktu anda untuk bermeditasi, pelatihan pernafasan dalam, dan yoga juga dapat menenangkan pikiran dan tubuh, luangkan waktu anda untuk melakukan nya setiap hari hanya butuh sekitar 3-5 menit untuk relaksi bisa secara signifikan mengurangi tingkat stres anda .

3. Ciptakan dukungan social 

Anda bisa bercerita dengan keluarga atau teman terdekat anda untuk bisa mengurangi beban stres yang anda alami,

Baca Juga: KKP Kembangkan Kerang Coklat sebagai Pakan Alternatif untuk Meningkatkan Produksi Lobster Budidaya di Indonesia

dukungan social ini sangat penting di kehidupan social kita, agar mendapatkan perspektif baru yang dapat menyelesaikan masalah agar hidup lebih bahagia.

4. Terapkan batas pada diri anda 

Bealajar untuk mengatak tidak pada orang lain jika itu membuat berat hati, ingatlah bahwa anda tidak harus menyenangkan semua orang, karena itu bukan bagian tugas yang anda jalani.

Baca Juga: Napoli Raih Kemenangan Perdana Musim Ini dengan Kalahkan Bologna 3-0 di Stadion Maradona

5. Pola makan yang seimbang 

Kelola makan-makanan yang sehat itu dapat membantu mengurangi stress anda, makan kesukaan anda yang membuat kembali mood anda lebih baik, jaga kesehatan dan atur pola makan yang baik setiap hari nya.***

*Putri Najwa adalah mahasiswa UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon.

Berita Terkait