DECEMBER 9, 2022
Bisnis

Cuaca 27 Agustus 2024: BMKG Ramalkan Hujan Ringan hingga Deras, Waspadai Gelombang Tinggi

image
BMKG Ramalkan Hujan Ringan hingga Deras (Antara)

BISNISABC.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan bahwa pada Senin mendatang, sebagian besar kota besar di Indonesia akan mengalami hujan dengan intensitas ringan hingga deras.

Dalam laporan yang disampaikan oleh prakirawan BMKG Ida Pramuwardani di Jakarta, disebutkan bahwa kota-kota seperti Pekanbaru, Jambi, Bengkulu, Pangkal Pinang, dan Palangka Raya akan mengalami hujan ringan dengan curah hujan kurang dari 2,5 mm per jam.

Menurut BMKG, hujan ringan juga diprediksi akan menyapa kota-kota seperti Samarinda, Banjarmasin, Gorontalo, Ambon, Sorong, Ternate, dan Manokwari, dengan suhu berkisar antara 26-29 derajat Celsius.

Baca Juga: Podcast Meghan Markle Tidak Akan Dilanjutkan karena Kesepakatannya dengan Spotify Berakhir

Beberapa kota lainnya, seperti Medan, Mamuju, Kendari, Merauke, Jayawijaya, Jayapura, dan Nabire, akan mengalami hujan dengan intensitas sedang, dengan curah hujan lebih dari 4,0 mm per jam dan suhu antara 21-27 derajat Celsius.

Kota-kota seperti Padang, Pontianak, Tanjung Selor, dan Palu diperkirakan akan menghadapi hujan yang disertai petir, dengan suhu yang diprediksi berkisar antara 23-29 derajat Celsius.

Sementara itu, Kota Manado diharapkan akan mengalami hujan dengan intensitas deras, dengan curah hujan lebih dari 50 mm per jam dan suhu sekitar 24-28 derajat Celsius.

Baca Juga: Gempa Magnitudo 5,0 di Bali Terasa hingga Jember

Di sisi lain, kota-kota seperti Kupang, Palembang, Yogyakarta, Mataram, Banda Aceh, Tanjung Pinang, Lampung, Serang, Jakarta, Semarang, Bandung, Surabaya, Denpasar, dan Makassar diperkirakan akan cerah atau berawan sepanjang hari, dengan suhu berkisar antara 24-31 derajat Celsius.

BMKG juga menjelaskan bahwa pertumbuhan awan hujan disebabkan oleh pertemuan dan perlambatan angin di beberapa wilayah, seperti dari Aceh ke Selat Malaka, Sumatera Utara ke Jambi, dan Laut Sulawesi ke Samudera Pasifik Timur Filipina.

Secara umum, angin permukaan di Indonesia didominasi oleh angin yang bertiup dari arah timur dan tenggara dengan kecepatan 10-45 km per jam.

Baca Juga: BKPM Terbitkan 10 Juta NIB Melalui OSS, Guna Mudahkan Pelaku Usaha dan Investor

BMKG mengingatkan masyarakat untuk waspada terhadap potensi gelombang laut tinggi antara 2,5 hingga 4 meter yang diperkirakan akan terjadi di beberapa perairan, termasuk Pulau Enggano, Barat Lampung, dan Samudera Hindia Selatan Jawa, serta potensi banjir rob di Kepulauan Riau dan pesisir Jawa Barat.***

Sumber: Antara

Berita Terkait