DECEMBER 9, 2022
Bisnis

Bulog Jatim Gelar Program Siaga Merdeka di 13 Lokasi untuk Kendalikan Pasokan Pangan

image

BISNISABC.COM - Perum Bulog Kanwil Jatim mendistribusikan sejumlah komoditas pangan murah melalui program Bulog Siaga Merdeka di 13 lokasi di provinsi ini untuk mengendalikan pasokan bahan pokok di masyarakat.

Pemimpin Wilayah Perum Bulog Kanwil Jatim, Awaludin Iqbal, di Sidoarjo, Sabtu, menyatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk memperingati Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Secara nasional, kegiatan ini dilakukan di 79 lokasi, dan 13 di antaranya berada di Jawa Timur," ujarnya saat acara di Lapangan Keboan Anom, seperti dikutip dari Antara pada 17 Agustus 2024.

Baca Juga: 200 Ekor Anak Penyu Dilepas Oleh Peserta Festival Pesisir Paloh Kalbar

Ia menyebutkan bahwa melalui kegiatan ini, masyarakat Jatim dapat memperoleh kebutuhan pangan berkualitas dengan harga terjangkau untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari sekaligus memeriahkan perayaan kemerdekaan.

"Gerakan stabilisasi harga pangan ini dilaksanakan tepat pada peringatan hari kemerdekaan untuk mendekatkan pasokan beras dan bahan pangan lainnya kepada masyarakat," katanya.

Ia menambahkan bahwa program ini diutamakan di kawasan padat penduduk yang langsung menyasar konsumen akhir, seperti di kantor kelurahan, kantor kecamatan, dan kawasan industri.

Baca Juga: IHSG Senin Sore Sempat Anjlok hingga 4 Persen, Airlangga Minta Investor Tak Khawatir

"Khusus di Sidoarjo, kami menyediakan 5.000 kilogram Beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (Beras SPHP) dengan harga Rp56.500 per kantong, kemasan 5 kilogram. Selain itu, ada beras premium Candi Mulyo sebanyak 500 kilogram dengan harga Rp67 ribu per kantong, serta komoditas lain seperti gula pasir, minyak goreng, tepung terigu, dan beras merah dengan harga terjangkau," jelasnya.

Ia juga menyebutkan bahwa gerakan stabilisasi harga pangan ini dilaksanakan serentak di 12 lokasi lain di Jatim, termasuk di Mojokerto, Madiun, Bojonegoro, Bondowoso, Malang, Probolinggo, dan Banyuwangi.

Acara peluncuran gerakan ini turut dihadiri oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sidoarjo serta Pemimpin Cabang Perum Bulog Kantor Cabang Surabaya.

Baca Juga: Tekan Polusi Udara, Luhut Sebut Pabrik Sekitar Jakarta Bakal Dipasang Sensor Deteksi Jenis Gas

"Acara ini juga merupakan bentuk sinergi antara Perum Bulog dan instansi lainnya dalam menjaga ketersediaan dan keterjangkauan pangan, khususnya di Jawa Timur," tambahnya.***

Sumber: Antara

Berita Terkait