DECEMBER 9, 2022
Olahraga

Usai Kalahkan Prancis 5-3, Spanyol Sukses Raih Medali Emas di Sepakbola Putra Olimpiade 2024

image
Spanyol Raih Medali Emas di Sepakbola Putra Olimpiade 2024 (Antara)

BISNISABC.COM - Timnas Spanyol U-23 berhasil meraih medali emas setelah secara dramatis mengalahkan tim tuan rumah, Prancis, dengan skor 5-3.

Spanyol menang di babak tambahan waktu pada final sepakbola putra Olimpiade 2024 yang berlangsung di Parc des Princes, Paris, pada Sabtu malam WIB.

Kemenangan ini mengakhiri penantian Spanyol selama 32 tahun untuk kembali meraih medali emas di cabang sepakbola putra, setelah terakhir kali memenangkannya pada Olimpiade 1992 di Barcelona.

Baca Juga: Stok Beras di Tingkat Distributor Belitung Masih Tersedia 964,19 ton

Sementara itu, Prancis harus puas dengan medali perak, seperti yang dilaporkan di laman resmi Olimpiade 2024 Paris.

Prancis sempat memimpin 1-0 saat pertandingan baru berjalan 11 menit melalui tendangan Enzo Millot dari dalam kotak penalti yang tidak mampu dihalau oleh kiper Spanyol, Arnau Tenas.

Namun, Spanyol segera membalas dengan menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit ke-18. Fermin Lopez mencetak gol setelah menerima umpan dari Alex Baena.

Baca Juga: Resep Nasi Goreng: Menu Masakan Rumahan yang Tak Pernah Membosankan

Spanyol kemudian membalikkan keadaan menjadi 2-1 melalui gol kedua Fermin Lopez pada menit ke-25, setelah menyambar bola muntah dari Abel Ruiz yang sebelumnya berhasil dihalau oleh kiper Prancis, Restes.

Pada menit ke-28, Spanyol memperbesar keunggulan menjadi 3-1 melalui tendangan bebas Alex Baena yang mengarah ke pojok kanan atas gawang Prancis.

Babak pertama berakhir dengan skor 3-1 untuk keunggulan Spanyol.

Baca Juga: BMKG Sebut Gempa Magnitudo 3,5 Guncang Kabupaten Sukabumi Jawa Barat

Memasuki babak kedua, Prancis tampil lebih agresif dan terus menekan Spanyol. Usaha mereka membuahkan hasil pada menit ke-78 dengan gol dari Maghnes Akliouche, memperkecil ketertinggalan menjadi 2-3.

Prancis kemudian mendapat penalti di injury time babak kedua setelah Arnaud Kalimuendo dijatuhkan oleh Benat Turrientes. Jean-Philippe Mateta yang menjadi eksekutor berhasil menyamakan skor menjadi 3-3, memaksa pertandingan berlanjut ke babak tambahan waktu.

Di babak pertama tambahan waktu, Spanyol kembali unggul pada menit ke-100 melalui gol chip indah dari Sergio Camello, yang memanfaatkan umpan terobosan dari Sergio Gomez. Skor 4-3 bertahan hingga akhir babak pertama tambahan waktu.

Baca Juga: Ikuti Bursa Kawasan Asia dan Global, IHSG Hari Ini Ditutup Melemah 248,47 Poin

Prancis berusaha mengejar di sisa waktu, namun Sergio Camello kembali mencetak gol pada menit ke-120+1 melalui serangan balik, memastikan kemenangan 5-3 bagi Spanyol dan menjadikan mereka juara Olimpiade 2024.***

Sumber: Antara

Berita Terkait