DECEMBER 9, 2022
News

Turki Desak Komunitas Internasional untuk Berikan Tekanan pada Israel

image
Turki Desak Komunitas Internasional (Antara)

BISNISABC.COM - Menteri Luar Negeri Turki, Hakan Fidan, meminta komunitas internasional untuk memberikan "tekanan yang diperlukan" kepada Israel dan sekutunya agar mereka menghentikan konflik di Jalur Gaza.

"Setiap hari, Israel terus membunuh lebih banyak warga Palestina yang tidak bersalah. Komunitas internasional harus berperan dalam menghentikan genosida ini dengan memberikan tekanan yang diperlukan kepada Israel dan para sekutunya. Turki akan melakukan segala yang diperlukan untuk mencapai tujuan ini," tulis Fidan di akun X, sebagaimana dikutip dari Antara pada 8 Agustus 2024.

Pernyataan ini muncul setelah anggota parlemen Turki, Cuneyt Yuksel, menyatakan bahwa Ankara telah bergabung dalam gugatan yang diajukan oleh Afrika Selatan terhadap Israel di Mahkamah Internasional (ICJ) pada bulan Desember.

Baca Juga: TNI AL Sukses Gagalkan Penyelundupan 73.033 Benur Lobster di Pelabuhan Merak

Militer Israel diduga melakukan genosida di wilayah Palestina tersebut.

Pada bulan Januari, ICJ mengeluarkan perintah sementara yang meminta Israel untuk mengambil langkah-langkah mendesak guna mencegah tindakan genosida di Gaza, meskipun tidak memerintahkan gencatan senjata segera.

Afrika Selatan kembali ke ICJ pada bulan Maret untuk meminta langkah-langkah tambahan terhadap Israel guna menangani masalah kelaparan yang meluas di wilayah Gaza yang terkepung tersebut.

Baca Juga: Jadi Narasumber SATUPENA, Achmad Fachrodji: Balai Pustaka Kini Diarahkan Menjadi IP Licensing Company

Pada 10 Mei, Afrika Selatan mengajukan permintaan mendesak kepada ICJ untuk memberlakukan tindakan tambahan terhadap Israel.

Pengadilan memerintahkan Israel pada 24 Mei untuk menghentikan operasi militernya di kota Rafah, di bagian selatan Gaza, serta mengambil langkah-langkah untuk memastikan akses bagi misi PBB yang ditugaskan untuk menyelidiki tuduhan genosida.***

Sumber: Antara

Berita Terkait