DECEMBER 9, 2022
Bisnis

Wali Kota Makassar Ajak Delegasi MIF Berinvestasi di Kota Anging Mammiri

image
Wali Kota Makassar Ajak Delegasi MIF Berinvestasi di Kota Anging Mammiri (Antara)

BISNISABC.COM - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengajak para delegasi Makassar Investment Forum (MIF) untuk berinvestasi di kota Anging Mammiri.

Wali Kota Makassar mengajak berinvestasi di Makassar karena dianggap jauh lebih menguntungkan.

"Karena posisi Kota Makassar yang strategis dan dekat dengan Ibu Kota Nusantara (IKN)," ujarnya, seperti dikutip dari Antara.

Baca Juga: Diam-diam Bukalapak PHK Karyawan, Simak Berikut Ini

Danny, sapaan akrab Ramdhan Pomanto mengatakan daya jual Kota Anging Mammiri ini sangat seksi karena Kota Makassar adalah salah satu penyangga IKN.

Ia menyatakan jarak tempuh Kota Makassar ke Ibu Kota Nusantara dengan menggunakan pesawat tidak lebih dari 45 menit perjalanan udara.

"Makassar sangat dekat dengan IKN. Jarak dengan Nusantara juga hanya 45 menit. Jadi Makassar seperti rumah kedua untuk Nusantara," katanya.

Baca Juga: Permintaan material konstruksi menurun pada semester I-2023, hal ini berdampak pada kegiatan CSAP  

Selain itu, Makassar memiliki pertumbuhan ekonomi yang signifikan yakni 5 persen dengan inflasi 1,7 persen. Dengan pertumbuhan yang sehat ini menjadikan Makassar menempati City Indeks pada posisi 157 di dunia.

Lalu, Smart City Indeks rangking 115 di dunia dan ketiga Happiness Indeks rangking 250 di dunia dari 10 ribu kota di dunia.

Dia menuturkan, Makassar juga berkomitmen menjadi kota dengan rendah karbon, urban farming, lorong wisata atau Tourism Alley, konversi energi sampah, dan penggunaan solar panel di sekolah-sekolah dan tempat publik.

Baca Juga: Dukung petani buah naga kembangkan varietas baru, Pemkab Banyuwangi: Peluang Pasar

"Olehnya Makassar kota ini merupakan kota terbaik untuk berinvestasi," tekannya.

Danny menjelaskan, MIF sendiri merupakan inisiatif dari Pemkot Makassar dan merupakan bagian dari F8.

MIF juga melibatkan berbagai kota di Sulsel dan investor luar negeri, para konsulat jenderal yang mana menghadirkan banyak delegasi negara.

Baca Juga: Libatkan Banyak Pelaku UMKM, BI Cirebon Sebut Perputaran Uang di CEF 2024 Bisa Lebih dari Rp1 Miliar

Melalui seminar ini juga dilaksanakan one and one business matching dan promosi investasi.

Apalagi forum ini pula mendukung keberlanjutan pertumbuhan ekonomi, pembangunan kesinambungan, akselerasi teknologi, pembangunan manusia dan sebagainya.

Dia berharap, para investor asing berminat dengan Makassar juga daya tariknya.

Baca Juga: Hadirkan Narasumber I Ketut Surajaya, SATUPENA Akan Diskusikan Pentingnya Menjaga Marwah Gelar Akademik

Wali kota dua periode ini juga berpesan kepada para peserta dan tamu delegasi agar menikmati berbagai sajian kuliner, festival dan sebagainya.

"Silakan nikmati Makassar dengan ikon Kota Makan Enak, Kota Festival Tepian Air," ucapnya.

Pada kegiatan MIF itu ada sekitar 13 perwakilan dari negara sahabat yang memberikan dukungan dan ambil bagian dalam F8 tersebut.

Diantaranya, Prancis, Malaysia, Italia, Singapura, Polandia, Belanda, Malaysia, Jepang, Filipina, Inggris, Amerika Serikat, Uni Emirat Arab (UEA) dan Indonesia.***

Sumber: Antara

Berita Terkait