DECEMBER 9, 2022
Bisnis

Bantu Korban Longsor, Garuda Bawa 14,5 Ton Bantuan Pemerintah ke PNG

image
Garuda bawa 14,5 ton bantuan pemerintah ke korban longsor di PNG (ANTARA/HO-Humas Garuda Indonesia)

BISNISABC.COM - PT Garuda Indonesia mengangkut 14,5 ton bantuan kemanusiaan dari Pemerintah Indonesia menuju Papua Nugini (PNG).

Bantuan tersebut diangkup menggunakan pesawat Garuda yang dioperasikan dengan menggunakan armada pesawat Airbus A330-200.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menyebutkan, bahwa maskapai nasional Garuda Indonesia terus menjalankan komitmennya dalam mendukung misi kemanusiaan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Republik Indonesia.

Baca Juga: Head to Head dan Jadwal Timnas Indonesia vs Filipina, Skuad Garuda Unggul

Penerbangan misi kemanusiaan tersebut secara resmi dilepas oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) pada Senin sore ini.

Penerbangan bantuan tersebut direncanakan akan diberangkatkan dari Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma pada pukul 23.50 WIB, dan diperkirakan bakal tiba di Bandar Udara Port Moresby PNG pada Selasa (9/7) pukul 08.50 waktu setempat.

Dalam penerbangan kemanusiaan tersebut, Garuda Indonesia mengangkut berbagai bantuan kemanusiaan berupa bahan makanan, obat-obatan serta bantuan lainnya bagi masyarakat Papua Nugini yang terdampak bencana tanah longsor.

Baca Juga: Hadir pada Diskusi Satupena, Okky Madasari Sebut Penulis Harus Meramu Imajinasi dan Realita

Bantuan ini merupakan inisiasi dari Pemerintah RI melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Irfan menyampaikan bahwa pengoperasian penerbangan kemanusiaan itu merupakan wujud nyata dari komitmen Garuda Indonesia sebagai national flag carrier untuk senantiasa berada di garda terdepan dalam mendukung berbagai misi bangsa khususnya dalam memberikan bantuan kemanusiaan bagi masyarakat dunia.

"Tentunya menjadi momen penuh arti tersendiri bagi kami khususnya dalam merealisasikan dukungan kami untuk menjembatani misi kebangsaan dan wujud solidaritas antarnegara bagi masyarakat Papua Nugini yang saat ini tengah membutuhkan dukungan dari berbagai pihak," kata Irfan.

Baca Juga: Kemenag Pekalongan Fasilitasi 300 UMKM Miliki Sertifikat Halal Gratis

Irfan memastikan bahwa penerbangan tersebut telah dilaksanakan melalui koordinasi intensif bersama berbagai pemangku kepentingan, untuk memastikan aspek keamanan dan keselamatan dapat terimplementasikan secara maksimal.

"Kiranya kolaborasi berbagai pihak dalam misi kemanusiaan ini tidak hanya memberikan manfaat bagi masyarakat Papua Nugini, namun juga dapat menyampaikan semangat dan pesan persaudaraan bagi masyarakat dunia," kata Irfan.

Irfan menambahkan bahwa Garuda Indonesia turut terlibat aktif dalam berbagai misi kemanusiaan Pemerintah Republik Indonesia, di antaranya melalui pengangkutan bantuan kemanusiaan untuk korban konflik di Palestina dan Sudan.

Baca Juga: Agar Tepat Sasaran, Pemkab Mukomuko Terapkan Kebijakan Pembelian Elpiji 3 Kg Pakai KTP

Selain itu, bantuan bagi korban bencana siklon Mocha di Myanmar, bantuan bagi masyarakat Turki dan Suriah, serta berbagai bantuan kemanusiaan lainnya.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa perubahan iklim dan pemanasan global telah menimbulkan anomali cuaca, memicu terjadinya berbagai bencana.

Menurut Presiden, perubahan cuaca tersebut juga mengakibatkan terjadinya bencana tanah longsor yang dahsyat di Provinsi Enga, Papua Nugini pada 24 Mei 2024.

Baca Juga: Petani Aceh Sukses Produksi 951.225 Ton Gabah pada Semester I-2024

"Kita harus membantu saudara-saudara kita yang tertimpa musibah, karena itu hari ini akan kita kirimkan bantuan kemanusiaan dalam bentuk obat-obatan, makanan tambahan, dan medicine kit," kata Jokowi.

Kepala Negara berpesan kepada delegasi yang menjalankan misi kemanusiaan tersebut, agar dapat menjalankan amanah sebaik-baiknya dan pulang kembali ke tanah air dalam kondisi sehat.***

Sumber: Antara

Berita Terkait