DECEMBER 9, 2022
Bisnis

Agar Berdaya Saing, Pemkab Bangka Barat Gelar Pelatihan Keterampilan Pelaku UMKM

image
Pelatihan keterampilan untuk para pelaku UMKM yang digelar Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bangka Barat. (ANTARA/Donatus Dasapurna)

BISNISABC.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Barat, menggelar pelatihan keterampilan para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Tujuan Pemkab Bangka Barat menggelar pelatihan UMKM adalah untuk meningkatkan skil dan agar semakin berdaya saing.

"Untuk kali ini, kita gelar pelatihan keterampilan seni meracik dan menyeduh kopi beserta ragam variannya," kata Sekretaris Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Perindustrian Kabupaten Bangka Barat Madirisa.

Baca Juga: Tingkatkan Produksi Susu, Kementan Dorong Pengembangan Kambing Perah 

"Kita berharap para peserta semakin terampil dalam penyajian menu, sehingga usaha yang dijalankan semakin berkembang," imbuhnya, seperti dikutip dari Antara pada 30 Juni 2024.

Pelatihan kepada sebanyak 25 orang pelaku UMKM itu diharapkan bisa memberikan wawasan dan keterampilan meracik, menyeduh, dan mengembangkan menu berbahan dasar kopi.

Kegiatan itu juga bertujuan untuk meningkatkan keterampilan para peserta dalam pembuatan kopi agar ke depan memiliki daya saing yang tinggi.

Baca Juga: Dikunjungi 5 Ribu Orang, Festival Budaya Mataram Bantul Dapat Dongkrak Perekonomian UMKM

"Bisnis di bidang kuliner dan ekonomi kreatif masih sangat menjanjikan dan jika dilakukan secara tekun bisa membuat ekonomi semakin baik," katanya.

Pelatihan tersebut diikuti para pelaku UMKM yang telah menggeluti di bidang minuman, sehingga dengan pengetahuan dan keterampilan yang didapatkan bisa memberi bekal untuk meningkatkan kualitas menyeduh kopi dan inovasi untuk menyajikan menu-menu baru di kedai masing-masing.

Selain keterampilan dalam penyajian, para peserta juga diberikan keterampilan tata cara persiapan, pengenalan mesin dan pengenalan berbagai jenis kopi nusantara.

Baca Juga: Banyuwangi Art Week, Ratusan Produk dari 56 UMKM Binaan BI Ditampilkan

"Kami harapkan melalui kegiatan ini dapat memberikan motivasi bagi para peserta dan berdampak pada peningkatan usaha yang dijalankan para pelaku UKM," katanya.***

Sumber: Antara

Berita Terkait