DECEMBER 9, 2022
Keuangan

Nilai Tukar Rupiah Melemah 38 Poin Dipicu Peluang The Fed Pertahankan Suku Bunga

image
Nilai tukar Rupiah terpantau melemah 38 poin (ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin/YU (ANTARAFOTO/Adiwinata Solihin)

BISNISABC.COM - Nilai tukar Rupiah melemah 38 poin, menjadi Rp16.413 per dolar Amerika Serikat (AS) terjadi pada 26 Juni 2024.

Sebelumnya, pada 25 Juni 2024 nilai tukar rupiah masih berada di angka Rp16.375 per dolar AS.

Pelemahan nilai tukar rupiah ini dipicu kenaikan tingkat kepercayaan konsumen AS dari 100,4 menjadi 101,3.

Baca Juga: Bapanas Salurkan Bantuan Sembako di Wilayah Bencana Erupsi Gunung Ruang Sulut

Hal ini semakin membuka peluang Federal Reserve (The Fed) untuk mempertahankan suku bunga acuan tetap tinggi dalam jangka waktu lebih lama.

“Tanda-tanda ketahanan perekonomian AS baru-baru ini dari data indeks manajer pembelian yang kuat (51,7 dari sebelumnya 51,0)," ujar Direktur Laba Forexindo Berjangka Ibrahim Assuabi.

"Dan pembacaan kepercayaan konsumen memicu kekhawatiran bahwa The Fed akan memiliki cukup ruang untuk mempertahankan suku bunga tetap tinggi dalam jangka waktu yang lebih lama,” imbuhnya, seperti dikutip dari Antara pada 27 Juni 2024.

Baca Juga: Turun 8 Poin, Rupiah Melemah Tipis Terhadap Dolar AS di Awal Pekan

Seperti diketahui, Gubernur Fed AS Michelle Bowman membuka peluang kenaikan suku bunga acuan AS karena inflasi AS sulit turun.

Menurut Pengamat Pasar Uang Ariston Tjendra, pernyataan pejabat Fed tersebut mendorong peningkatan indeks saham AS yang bergerak di atas 105,60 dari sebelumnya 105,40.

Penguatan indeks harga rumah AS menjadi 0,2 persen dari sebelumnya 0,1 persen turut menaikkan indeks saham AS.

Baca Juga: Libas Filipina dengan Skor 3-0, Timnas Indonesia U16 Puncaki Grup A Piala AFF

“Kenaikan indeks dollar AS ini efek dari data ekonomi AS semalam, yaitu data harga rumah dan tingkat keyakinan konsumen AS yang masih memperlihatkan kenaikan, sehingga masih berpotensi menyumbang inflasi AS,” ungkap dia.

Kurs Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) Bank Indonesia pada Rabu melemah ke level Rp16.435 per dolar AS dari sebelumnya sebesar Rp16.379 per dolar AS.***

Sumber: Antara

Berita Terkait