DECEMBER 9, 2022
Humaniora

Inilah 4 Cara Mencari Teman dan Cara Berteman di Perkuliahan Ala Anisa Sopiah

image
Deskripsi foto cara mencari teman dan berteman di perkuliahan ( Istock / ti-ja)

BISNISABC.COM - Beradaptasi di lingkungan perkuliahan bisa jadi tantangan, terutama dalam mencari teman dan membangun relasi.

Dengan begitu ini yang akan membantu dan pembentukan karakter kamu dalam di lingkungan kuliah.

Berikut adalah beberapa cara untuk mencari teman dan berteman di perkuliahan, serta cara menghindari konflik atau situasi yang tidak diinginkan dalam konten TikTok Anisa Sopiah.

Baca Juga: Harga Rerefensi CPO Turun Jadi US$ 723/MT

- Jangan Pilih-Pilih Teman

Tidak memilih-milih teman adalah prinsip yang baik karena membuka kesempatan untuk mengenal banyak orang dari latar belakang, pandangan, dan kepribadian yang berbeda. Ini bisa memperkaya pengalaman dan memperluas sudut pandangan mu serta wawasan yang akan sangat bermanfaat di kehidupan mu.

Apalagi nanti ini akan sangat bermanfaat ketika lulus kuliah, yang akan memudahkan mendapatkan informasi pekerjaan dari teman- teman kamu.

Baca Juga: Denny JA Serahkan Lukisan Paus Fransiskus Membasuh Kaki Rakyat ke Gereja Katolik Santo Servatius

- Mencari Teman yang Ambisius

Mencari teman yang ambisius (sering disebut "ambis" dalam bahasa gaul) bisa menjadi hal yang positif, terutama di lingkungan perkuliahan.

Teman yang ambisius biasanya memiliki target dan motivasi yang kuat, yang bisa memacu kamu untuk tetap fokus dan berusaha lebih baik.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Serial Horor Netflix 2024 yang Cocok untuk Uji Nyali

Pastikan kamu bisa mempunyai teman yang ambis agar kamu juga ikut terbawa segala hal positif yang dia targetkan, agar kamu memiliki pertemanan yang produktif, dan kompetitif, apa lagi untuk bisa mencapai dukungan karir.

- Menghindari Pertemanan Toxic

Pertemanan yang toxic adalah hubungan yang memberi dampak negatif pada kesejahteraan emosional, mental, dan bahkan fisik. Teman toxic cenderung manipulatif, tidak mendukung, dan seringkali merusak rasa percaya diri.

Baca Juga: Diskusi SATUPENA tentang Menjadi Penulis di Era AI, Satrio Arismunandar: Memengaruhi Tetapi Tidak Mengancam

Menghindari pertemanan seperti ini penting untuk menjaga kesehatan mental dan lingkungan sosial yang positif.

Kalian boleh berteman dengan siapapun, tapi harus ada batasan untuk yang memiliki sifat toxic ini, dan ini yang akan sangat membantu untuk bagi kesehatan mental kamu sendiri, jangan sampai kamu terjerumus dalam pertemanan toxic yang akan mempengaruhi mental di kehidupan kamu.

- Memiliki Batasan dalam Pertemanan

Baca Juga: 4 Lukisan Artificial Intelligence Denny JA: Kreativitas di Era AI

Walaupun berteman kalian terasa dekat, kita harus memiliki batasan - batasan tertentu bagaimanapun dia orang lain di hidup kamu,
Memiliki batasan dalam pertemanan adalah hal yang sehat dan penting untuk menjaga hubungan yang harmonis. Batasan ini membantu memastikan bahwa kedua belah pihak saling menghormati kebutuhan, privasi, dan kesejahteraan satu sama lain.

Memiliki satu sisi privasi menjaga konflik yang mungkin banyak terjadi di luar sana, orang lain bisa saja mengkhianati mu, padahal kamu sangat mempercayainya 100 %, ya tidak semuanya namun ini yang perlu kamu waspadai.

Berikut 4 cara yang bisa kamu terapkan dalam pertemanan di masa perkuliahan Tips konten dari Anisah Sopiah.***

Penulis: Putri Najwa Kiromah

Sumber: TikTok Anisa Sopiah

Berita Terkait