DECEMBER 9, 2022
Bisnis

4 Skil Ini Bakal Buat Kamu Unggul di Dunia Kerja hingga Tahun 2030

image
Ilustrasi Skill yang Membuat Kamu Unggul Sampai Tahun 2030 (Pixabay/Firmbe)

BISNISABC.COM - Dalam dunia kerja itu pastinya penting untuk tetap konsisten dalam mengembangkan diri.

jika kamu selalu terbuka terhadap kritik dan terus membangun koneksi, ini bisa sangat membantu kamu terus tumbuh dan beradaptasi dengan perubahan di dunia kerja.

Dengan demikian, kamu tidak hanya akan unggul saat ini, tetapi juga akan mampu menghadapi tantangan di masa depan dengan lebih percaya diri.

Baca Juga: Bantal Kereta Cepat Whoosh Hilang, KCIC Imbau Penumpang Agar Tak Merusak Fasilitas

Ini dia 4 skil yang perlu kamu terapkan yang akan bermanfaat sampai tahun 2030

1. Kemampuan Problem Solving (Memecahkan Masalah)

Kemampuan problem solving atau memecahkan masalah adalah salah satu keterampilan paling penting di dunia kerja. Kemampuan ini memungkinkan kamu untuk menganalisis situasi, mengidentifikasi masalah, dan menemukan solusi yang efektif.

Baca Juga: Bagaimana Cara Membangun Personal Branding? Begini Penjelasan dari Caroline Castrillon

Perusahaan sering kali menghadapi berbagai tantangan yang membutuhkan pendekatan kreatif dan logis, sehingga seseorang dengan keterampilan problem solving yang baik akan sangat dihargai.

Keterampilan ini juga menunjukkan bahwa kamu mampu bekerja di bawah tekanan dan mengambil keputusan yang tepat.

2. Self Management (Manajemen Diri Sendiri)

Baca Juga: Pemkab Tangerang dan Bulog Intensifkan Gerakan Pasar Murah untuk Tekan Inflasi

Kemampuan dalam bisa memanage diri kita sendiri, untuk bisa terus tumbuh, secara kompetensi, secara ilmu, dan segala kemampuan yang sudah kamu latih. Kemampuan untuk mengatur waktu, energi, dan sumber daya pribadi secara efektif agar dapat mencapai tujuan secara optimal.

Dalam dunia kerja, manajemen diri sangat penting karena membantu kamu tetap produktif, disiplin, dan fokus dalam menjalankan tugas sehari-hari. Dengan manajemen diri yang baik, kamu mampu menetapkan prioritas, menghindari penundaan, dan menyelesaikan pekerjaan sesuai tenggat waktu, yang tentunya akan meningkatkan kinerja dan reputasi profesional mu.

3. Working With People (Bekerja dengan Orang)

Baca Juga: Gus Ipul Resmi Dilantik sebagai Menteri Sosial: Siap Kolaborasi dan Tingkatkan Akurasi DTKS

Kemampuan untuk bisa bekerja sama dengan tim atau working with people adalah salah satu keterampilan penting yang dibutuhkan di hampir setiap bidang pekerjaan.

Kemampuan ini melibatkan kolaborasi, komunikasi yang efektif, dan kemampuan untuk memahami serta menghargai perspektif orang lain.

Di lingkungan kerja, kamu akan sering berinteraksi dengan berbagai macam orang dengan latar belakang, kepribadian, dan keterampilan yang berbeda.

Baca Juga: Generasi Z di Dunia Kerja: Akankah Keahlian Teknologi dan Kreativitas Dapat Meningkatkan Produktivitas?

Dengan bekerja sama secara baik, kamu dapat mencapai tujuan bersama lebih efisien dan menciptakan lingkungan kerja yang harmonis.

4. Teknologi Adaptation ( Beradaptasi dengan dunia teknologi)

Beradaptasi dengan teknologi adalah keterampilan penting di era digital saat ini. Dunia kerja terus berkembang dengan pesat, terutama karena kemajuan teknologi yang mengubah cara kita bekerja.

Kemampuan untuk beradaptasi dengan teknologi tidak hanya berarti memahami perangkat lunak atau alat baru, tetapi juga mampu belajar dan menyesuaikan diri dengan cepat terhadap perubahan yang terjadi.

Individu yang bisa mengikuti perkembangan teknologi akan lebih mudah menghadapi tantangan baru dan tetap relevan di tempat kerja

Berikut beberapa skill yang patut kamu coba dalam kehidupan sehari-hari kamu, semoga bermanfaat.***

Penulis: Putri Najwa Kiromah

Berita Terkait