DECEMBER 9, 2022
Humaniora

Mengungkap 3 Penyebab Fenomena Dejavu yang Perlu Diketahui

image
Mengungkap fenomena dejavu arti dan penyebabnya ( pixabay /Geralt ) 

BISNISABC.COM - Dejavu adalah fenomena psikologis di mana seseorang merasa pernah mengalami suatu situasi sebelumnya, padahal kejadian tersebut baru terjadi.

Fenomena ini sering dikaitkan dengan gangguan pada ingatan atau persepsi otak, namun belum ada penjelasan ilmiah yang pasti.

Penyebab dejavu bisa bervariasi, termasuk kelelahan, stres, atau bahkan kelainan neurologis seperti epilepsi.

Baca Juga: 9.912 Narapidana di Riau Terima Remisi HUT RI,Pj Gubernur: Motivasi untuk Selalu Berperilaku Baik

Beberapa teori juga mengaitkan dejavu dengan cara otak memproses memori dan menghubungkan pengalaman masa lalu dengan situasi baru.

Meskipun dejavu sering dianggap sebagai hal yang misterius, banyak orang mengalami ini setidaknya sekali dalam hidup mereka.

Dengan memahami arti dejavu dan penyebabnya, kita bisa lebih peka terhadap cara kerja otak dan persepsi kita terhadap realitas.

Baca Juga: Bagaimana Cara Membangun Personal Branding? Begini Penjelasan dari Caroline Castrillon

Penyebabnya :

1. Persepsi Pikiran yang Pecah

Teori dejavu ini menunjukan sesuatu saat seseorang melihat di dua waktu yang berbeda.

Baca Juga: Lowongan Pekerjaan Septermber 2024: Social Media Manager di Gamal Achmad GAS

Seseorang yang pertama kali melihat mungkin secara sekilas terdeteksi oleh otak manusia, seakan mengingatnya secara sekilas dia merasa bahwa apa yang dia rasa atau dilihat sudah pernah mengalaminya.

Contoh nya kamu sedang naik gunung dan melihat pemandangan indah, dan kamu pada seketika itu merasakan hal bahwa kamu pernah mengalami hal yang serupa, padahal tanpa kamu sadari bahwa kamu pertama kali mendaki gunung melihat pemandangan indah itu.

2. Otak Mengalami Malfungsi

Baca Juga: Tanggapan Satrio Arismunandar pada Diskusi SATUPENA: Filologi Punya Arti Penting Bagi Profesi Penulis

Dalam Teori lain menyebutkan fenomena Dejavu ini halnya ketika terjadi otak manusia ini mengalami kerusakan listrik otak, semacam ketika otak melacak hal peristiwa saat ini dan bagian otak mengingat ingatan sama-sama aktif sehingga merasa bahwa ia pernah melakukan kedua kalinya.

3. Ingatan Yang Muncul Kembali

Banyak para ahli mengatakan bahwa orang yang mengalami Dejavu dia sedang mengingat ingatannya kembali namun ingatan tersebut tidak dapat di proses dengan baik.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Serial Horor Netflix 2024 yang Cocok untuk Uji Nyali

Itulah mengenai fenomena dan penyebab Dejavu, Hal ini perlu diketahui penyebabnya lebih lanjut jika sering terjadi di kehidupan setiap harinya untuk mengetahui indikasi gangguan kesehatan pada psikiater.

Penulis: Putri Najwa Kiromah

 

Berita Terkait