DECEMBER 9, 2022
Bisnis

Erick Thohir Ajak Elkan Baggott Buka Diri untuk Kembali ke Timnas Indonesia

image
Erick Thohir Ajak Elkan Baggott Buka Diri

BISNISABC.COM - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengajak bek tengah Elkan Baggott untuk membuka diri agar bisa dipertimbangkan kembali dalam seleksi Timnas Indonesia.

"Elkan Baggott harus terbuka. Dia adalah pemain dengan potensi besar, tetapi Timnas Indonesia lebih memprioritaskan kekompakan tim daripada individu," kata Erick Thohir di Jakarta pada hari Jumat.

Erick Thohir menyarankan agar Elkan Baggott mencari kecocokan dengan visi dan misi pelatih Shin Tae-yong.

Baca Juga: BI Sebut Digital Farming Mampu Dorong Peningkatan Produksi Pangan di Tanah Papua

Erick menegaskan pentingnya menekan ego dan memastikan bahwa semua pihak memiliki komitmen yang sama untuk memajukan tim nasional Indonesia.

"Elkan harus berkomitmen untuk kontribusi dalam membangun timnas," tambah Erick, yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN.

Menurut Erick, Elkan perlu menilai kembali posisinya di tim nasional, mengingat potensi yang dimilikinya untuk meraih prestasi lebih besar dengan skuad "Garuda."

Baca Juga: 9.912 Narapidana di Riau Terima Remisi HUT RI,Pj Gubernur: Motivasi untuk Selalu Berperilaku Baik

"Kesempatan untuk berprestasi jauh lebih besar daripada jika dia bergabung dengan timnas negara lain. Elkan harus mempertimbangkan nilai yang bisa dia peroleh dari timnas Indonesia," jelas Erick.

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, tidak menyertakan nama Elkan Baggott dalam skuad untuk putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada September 2024.

Shin belum mengungkapkan alasan mengapa bek berusia 21 tahun tersebut, yang saat ini dipinjamkan dari Ipswich Town ke Blackpool, tidak dipilih. Namun, keputusan tersebut diduga terkait dengan ketidakhadiran Elkan dalam timnas U-23 Indonesia untuk kualifikasi Olimpiade 2024 pada bulan Mei.

Baca Juga: Jota Tampil Memukau sebagai Penyerang Tengah, Liverpool Menang 2-0 atas Ipswich Town

Terkait keputusan tersebut, Erick Thohir menyatakan penghormatan terhadap kebijakan Shin Tae-yong.

"Pelatih Shin memiliki prinsip dan kebijakan yang tegas. Saya harus menghormati keputusan tersebut," ungkap Erick.

Hingga saat ini, Elkan Baggott telah tampil 22 kali untuk timnas Indonesia dan mencetak dua gol. Penampilan terakhirnya bersama tim Garuda adalah saat Indonesia berpartisipasi di 16 besar Piala Asia 2023 pada 28 Januari 2024.***

Sumber: Antara

Berita Terkait