DECEMBER 9, 2022
News

Ramalan BMKG Hari Minggu: Mayoritas Kota Besar di Indonesia Berawan dan Hujan

image

BISNISABC.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG memberikan ramalan mayoritas kota besar di Indonesia akan mengalami cuaca berawan hingga hujan pada hari Minggu ini.

Dalam siaran prakiraan cuaca, Prakirawati BMKG Maria Klaudiana menjelaskan bahwa sejumlah wilayah di Sumatera, seperti Banda Aceh dan Pangkal Pinang, diprediksi akan berawan, sementara Jambi akan mengalami cuaca berawan tebal, dan Palembang diperkirakan berkabut.

BMKG juga menyebutkan bahwa hujan ringan kemungkinan akan terjadi di Pekanbaru, Tanjung Pinang, dan Bandarlampung, sedangkan hujan dengan intensitas sedang diperkirakan akan turun di Bengkulu.

Baca Juga: Jimin BTS Jadi House Ambassador Tiffany & Co, Gunakan Gelang Senilai Rp 573 Juta

"Perhatikan potensi hujan disertai petir di Kota Medan dan Padang," tambahnya, seperti dikutip dari Antara pada 11 Agustus 2024.

Di Pulau Jawa, Maria menginformasikan bahwa cuaca cerah berawan diperkirakan akan terjadi di Semarang dan Surabaya, sementara Serang dan Yogyakarta diperkirakan akan berawan, dengan awan lebih tebal menyelimuti DKI Jakarta dan Bandung.

"Di Bali dan Nusa Tenggara, Kota Kupang dan Denpasar umumnya diprediksi cerah berawan, sedangkan Mataram diprediksi berawan," jelasnya.

Baca Juga: LSI Denny JA Ungkap Terdapat Beberapa Kandidat Cawapres Prabowo, Gibran Jadi Sosok Pelengkap

Untuk wilayah Kalimantan, Maria menjelaskan bahwa Banjarmasin diperkirakan berawan, dengan hujan ringan diperkirakan akan turun di Samarinda dan Palangkaraya, sementara Pontianak diprediksi akan mengalami hujan sedang.

"Harap waspadai potensi hujan petir di Tanjung Selor," tambahnya lagi.

Di Sulawesi, Maria menyebutkan bahwa Kota Palu diperkirakan berkabut, sementara Gorontalo dan Makassar diprediksi akan cerah berawan.

Baca Juga: Sukseskan PON 2024, Bulog Sumut Sokong Kolaborasi BUMN

Cuaca berawan diperkirakan terjadi di Manado, dengan awan yang lebih tebal menyelimuti Kendari, sementara Mamuju diprediksi akan mengalami hujan sedang.

Di wilayah Papua dan Indonesia timur, Maria menyatakan bahwa hanya Merauke yang diperkirakan berawan tebal.

Hujan ringan diperkirakan akan mengguyur Ambon, Ternate, Sorong, Manokwari, dan Jayapura, dengan hujan sedang diprediksi akan turun di Jayawijaya dan Nabire.

Baca Juga: Agar Bisa Mengakses Pendanaan Legal, Pemkab Karawang Imbau Para Pelaku UMKM Segera Urus NIB

Maria juga mengingatkan masyarakat bahwa prakiraan cuaca tersebut merupakan gambaran umum untuk masing-masing wilayah.

Bagi yang ingin memantau prakiraan cuaca yang diperbarui setiap tiga jam sekali, dapat menggunakan aplikasi InfoBMKG yang tersedia di Playstore dan AppStore.***

Sumber: Antara

Berita Terkait