DECEMBER 9, 2022
Bisnis

Bulog Baubau distribusi Bantuan Pangan 1.500 Ton untuk Lima Daerah di Kepulauan Buton

image

BISNISABC.COM - Perum Bulog Cabang Baubau, Sulawesi Tenggara, mulai lakukan distribusi beras Bantuan Pangan (Bapang) tahap tiga untuk lima daerah di Kepulauan Buton, dengan total sekitar 1.500 ton.

Muthain Muhammadong, Pemimpin Perum Bulog Cabang Baubau, mengungkapkan pada hari Kamis 8 Agustus 2024 distribusi bantuan pangan tahap tiga, akan disalurkan ke satu kota dan empat kabupaten, yaitu Kota Baubau, Kabupaten Buton, Buton Tengah, Buton Selatan, dan Kabupaten Wakatobi.

"Bantuan pangan ini mencakup lima daerah dengan sekitar 500 ton untuk setiap bulannya, sehingga total untuk tiga bulan mencapai sekitar 1.500 ton beras," jelas Muthain, sebagaimana dikutip dari Antara.

Baca Juga: TNI AL Sukses Gagalkan Penyelundupan 73.033 Benur Lobster di Pelabuhan Merak

Dia menambahkan bahwa penyaluran Bapang tahap tiga telah dimulai di Buton Tengah, dan akan segera dilanjutkan ke daerah lainnya.

"Baru saja kami meluncurkan distribusi di Buton Tengah. Alokasi untuk Buton Tengah sekitar 74 ton per bulan. Besok kami akan melanjutkan di Kabupaten Buton. Penyaluran ini tergantung pada kesiapan pemerintah daerah masing-masing karena semuanya sudah terjadwal," tambahnya.

Muthain juga menyatakan bahwa meskipun distribusi dilakukan per bulan, untuk wilayah kepulauan, distribusi bisa dilakukan sekaligus untuk tiga bulan.

Baca Juga: BMKG Sebut Gempa Magnitudo 3,5 Guncang Kabupaten Sukabumi Jawa Barat

Dia menambahkan bahwa pihaknya tidak menghadapi kendala yang berarti dalam proses penyaluran ini, meskipun terkadang penerima tidak hadir sesuai jadwal karena alasan pekerjaan.

"Tidak ada kendala besar, hanya mungkin di lapangan, kadang penerima tidak bisa hadir karena ada pekerjaan lain atau sedang di kebun, sehingga penyaluran kadang memerlukan tambahan waktu dua sampai tiga hari," ungkap Muthain, yang sebelumnya menjabat sebagai Pemimpin Perum Bulog Cabang Ruteng, NTT.

Muthain juga menjelaskan bahwa distribusi bantuan dilakukan langsung ke desa atau kelurahan, yang kemudian akan dibagikan kepada warga penerima oleh pihak desa atau kelurahan.

Baca Juga: Tafsir Humanis Ibadah Kurban: Respon atas Esai Denny JA soal Kurban Hewan di Era Animal Right

Dia menambahkan bahwa stok beras di gudang Bulog Baubau masih mencukupi hingga akhir tahun, baik untuk stabilisasi harga maupun cadangan bencana alam.

"Saat ini, stok beras sekitar 1.900 ton, ditambah dengan gula pasir dan minyak goreng. Stok beras masih cukup untuk tiga bulan ke depan," katanya.

Dia juga menyebutkan bahwa stok kebutuhan rumah tangga akan terus ditambah seiring dengan berkurangnya persediaan di gudang.***

Sumber: Antara

Berita Terkait