DECEMBER 9, 2022
Keuangan

IHSG Hari Rabu Ditutup Menguat di Tengah Pasar Tunggu Kebijakan The Fed

image
IHSG hari ini (Antara)

BISNISABC.COM - Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Rabu sore ditutup menguat.

Naiknya IHSG hari Rabu 30 Juli 2024 di tengah pelaku pasar tunggu kebijakan suku bunga acuan The Federal Reserve (The Fed).

IHSG ditutup menguat 13,89 poin atau 0,19 persen ke posisi 7.255,75. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 naik 2,95 poin atau 0,32 persen ke posisi 913,71.

Baca Juga: Podcast Meghan Markle Tidak Akan Dilanjutkan karena Kesepakatannya dengan Spotify Berakhir

“IHSG dan bursa regional Asia cenderung menguat di tengah fokus pelaku pasar menantikan prospek keputusan suku bunga acuan The Fed dan juga Bank of England (BoE)," sebut Tim Riset Pilarmas Investindo Sekuritas dalam kajiannya di Jakarta, Rabu.

Dari Eropa, tampaknya penguatan didukung oleh data Eurozone Gross Domestic Product (GDP) kuartal 2024 yang naik dari sebelumnya 0,5 persen year on year (yoy) menjadi 0,6 persen (yoy), serta optimisme pelaku pasar terhadap kebijakan pemerintahan China dalam memacu pemulihan ekonomi.

Sebelumnya, pemimpin China berjanji untuk meningkatkan langkah-langkah dukungan ekonomi dan menstabilkan kepercayaan pasar pada pertemuan Politbiro.

Baca Juga: LSI Denny JA: Anies Penting Dipertimbangkan Jadi Cawapres Prabowo

Hal tersebut dilatarbelakangi oleh aktivitas bisnis yang lemah di China, data menunjukkan bahwa aktivitas manufaktur di China terkontraksi pada Juli 2024, sementara pertumbuhan sektor jasa melambat ke posisi terendah selama delapan bulan.

Dari dalam negeri, S&P Global Ratings mempertahankan peringkat Indonesia pada level investasi BBB dengan prospek stabil, tentunya ini memberikan dukungan bagaimana tingkat kepercayaan investor terhadap ekonomi dalam negeri.

Hal tersebut memberikan gambaran bagaimana prospek ketahanan ekonomi dalam negeri yang solid dan juga pengelolaan utang pemerintah yang terjaga.***
 

Sumber: Antara

Berita Terkait