DECEMBER 9, 2022
Olahraga

Upaya Kendalikan Inflasi, Pemkot Ambon Subsidi Harga Bawang

image
Pemkot Ambon subsidi harga bawang upaya kendalikan inflasi (ANTARA/ Penina F Mayaut.)

BISNISABC.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, Maluku melakukan intervensi  harga bawang merah dan putih melalui pemberian subsidi kepada pedagang.

Hal ini dilakukan oleh Pemkot Ambon sebagai upaya menekan harga komoditas bawang merah dan putih guna mengendalikan Inflasi.

"Dalam rangka pengendalian inflasi dan stabilitas harga hortikultura, kita melakukan intervensi melalui subsidi harga kepada pedagang bawang, " kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ambon, Josias Loppies. 

Baca Juga: Penjabat Gubernur Dorong Masyarakat Sulbar Budidaya Ikan Nila Agar Jadi Sumber Pendapatan

Ia mengatakan, harga bawang mengalami kenaikan khususnya bawang putih mencapai Rp35 ribu per kilogram, sehingga dilakukan subsidi harga berkisar Rp10 ribu hingga Rp15 ribu. 

Intervensi subsidi yang dilakukan sesuai arahan Penjabat Wali Kota, yakni pemberian subsidi kepada pedagang dengan fokus barang kebutuhan yang dibutuhkan masyarakat. 

Ia menyatakan, berbagai upaya dilakukan untuk menekan inflasi dengan mengintensifkan Gerakan Pangan Murah (GPM) empat kali dalam sebulan. 

Baca Juga: Fasilitasi Promosi Produk UMKM, Pemprov Babel Gelar Festival ErPeKa

Gerakan Pangan Murah akan dilaksanakan empat kali dalam satu bulan di lokasi Pelabuhan Enrico, Jalan pantai Mardika, Kecamatan Sirimau, kota Ambon. 

“Gerakan Pangan Murah yang dilakukan adalah bagian dari salah satu strategi dalam implementasi Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP), dengan menjaga daya beli masyarakat tetap terjangkau atas kebutuhan pangan yang mengalami kenaikan harga dan akan dikoordinasikan oleh OPD teknis," ujarnya. 

Bahan Pangan yang akan akan dijual antara lain, beras premium Rp65 ribu  per 5 kilogram, beras SPHP  Rp57.500 per 5 kilogram, telur ayam Rp58 ribu per rak, minyak goreng Rp14 000 per botol, gula pasir Rp16 ribu per kilogram .

Baca Juga: Dorong Produktivitas Pangan, Distan Lebak Optimalkan Pompanisasi

Selain  itu bawang merah Rp25 ribu per kilogram, bawang putih Rp30 ribu per kilogram, tomat Rp18 ribu per kilogram, sayur mayur Rp6 ribu per ikat, cabai keriting  Rp25 ribu per kilogram , cabai rawit Rp25 ribu per kilogram . 

"Pemerintah berharap ke depan kondisi stok pangan tersedia dan mencukupi untuk memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat kota Ambon," katanya. 

Untuk itu Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Ambon terus berkoordinasi dengan semua pihak sehingga ketersediaan dan harga pangan  tetap terkendali.***

Sumber: Antara

Berita Terkait