DECEMBER 9, 2022
Bisnis

Pemprov Kalsel Sebut BTC 2024 Bisa untuk Promosikan Wisata Alam dan Budaya

image
BTC 2024 promosikan wisata alam dan budaya Kalsel (ANTARA/HO-MC Kalsel)

BISNISABC.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) menyebutkan ajang Banua Triathlon Challenge (BTC) 2024 menjadi sarana promosi wisata alam dan budaya.

Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Sekretariat Daerah Provinsi Kalsel Adi Santoso mengatakan kegiatan BTC menjadi sarana bagi Pemprov Kalsel mempromosikan wilayah Banua.

“Kehadiran dan keikutsertaan peserta BTC ini merupakan bukti nyata bahwa semangat sportivitas dan cinta kepada alam dapat menyatukan kita semua,” kata Adi mewakili Gubernur Kalsel, seperti dikutip dari Antara pada 14 Juli 2024.

Baca Juga: Kaesang hadiri pembukaan toko Sang Pisang di Sawangan, Depok

Selain itu, dengan adanya kegiatan BTC ini bisa meningkatkan kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara, serta mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif melalui berbagai kegiatan yang dapat memberi dampak positif kepada masyarakat.

Lanjut Adi, kegiatan ini merupakan salah satu upaya Pemprov Kalsel untuk mempromosikan dan mengembangkan potensi pariwisata di Kalsel.

"Kegiatan yang bertaraf internasional ini, kita harapkan dapat menarik perhatian dunia pada keindahan alam dan budaya Kalsel," ujarnya.

Baca Juga: Hadir pada Diskusi Satupena, Okky Madasari Sebut Penulis Harus Meramu Imajinasi dan Realita

Bukan itu saja, ucap Adi, adanya kegiatan BTC ini ke depannya semakin banyak wisatawan yang datang menikmati keindahan alam dan keragaman budaya di
Kalsel ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kalsel Muhammad Syarifuddin mengatakan BTC 2024 ini diikuti sebanyak 151 peserta dari 12 provinsi di Indonesia.

Olahraga triathlon merupakan gabungan dari renang, bersepeda dan lari dan ini menjadi kesempatan untuk menguatkan semangat sprotivitas dan kebersamaan atlet dari berbagai daerah di Indonesia.

Baca Juga: Pemkab dan Kejari Aceh Besar Gelar Pasar Murah Guna Tekan Laju Inflasi

"Tahun ini peserta mengalami peningkatan. Saat pendaftaran ada peserta dari mancanegara yakni Rusia, Inggris, dan Irlandia. Karena masalah dokumen, mereka tidak bisa berhadir pada BTC tahun ini,” tuturnya.

Syarifuddin mengungkapkan senada dengan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, pihaknya berkomitmen untuk melaksanakan BTC pada setiap tahunnya, terlebih kegiatan ini juga telah menjadi "calender event" organisasi triathlon Indonesia.

“Melalui kegiatan ini kam ingin mempromosikan potensi pariwisata Kalsel," harap Syarifuddin.

Baca Juga: Pemkab Pamekasan Bantu Petani Melalui Program Integrasi Garam dan Teknologi Geomembran

Bukan itu saja, ucapnya, semoga dengan adanya acara seperti ini ke depan para wisatawan baik nasional dan internasional bisa datang ke Kalsel.

Untuk diketahui, pada gelaran BTC tahun ini para peserta akan mempertandingkan empat nomor pertandingan yakni, Olympic triathlon, sprint triathlon, mixed team relay dan aquathlon eksibi yang akan memperebutkan total hadiah Rp100 juta.

Gelaran acara tahun ini pun turut dimeriahkan dengan kehadiran para stan UMKM atau pelaku usaha ekonomi kreatif Banua guna mempromosikan produk lokal Kalsel.***

Sumber: Antara

Berita Terkait