DECEMBER 9, 2022
Bisnis

Menparekraf Sebut GBK akan Dikelola BUMN dan Masuk Proyek Strategis Nasional

image
Menparekraf Sebut GBK akan Dikelola BUMN (ANTARA)

BISNISABC.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) akan dikelola oleh badan usaha milik negara (BUMN).

Menurut Menparekraf, GBK direncanakan masuk daftar usulan Proyek Strategis Nasional (PSN) penyelenggaraan olahraga hingga hiburan musik berskala internasional.

“Nanti, dengan terintegrasi di bawah sebuah PSN, juga nanti dibangun beberapa fasilitas pendukung untuk olahraga, untuk hiburan,” ungkap Sandiaga Uno, seperti dikutip dari Orbit Indonsesia pada Minggu, 14 Juli 2024.

Baca Juga: Usai Kalah dari Irak, Asnawi Keluhkan Kondisi Lapangan Stadion GBK: Kurang Baik

Ia menyebut Presiden Joko Widodo telah memerintahkan dia untuk membuat kajian berkait apa saja yang bisa dibangun dan insentif seperti apa yang dapat diberikan kepada Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Seiring rencana tersebut, Sandi menginginkan kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno juga bebas dari kendaraan nonlistrik, seperti yang sekarang ini berlaku di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

“Didorongnya seperti TMII. TMII dulu juga dikelola terpisah, sekarang sudah dibawa pengelolaan terintegrasi oleh BUMN,” katanya

Baca Juga: Diskusi Satupena, Nia Samsihono Sebut Musikalisasi Puisi yang Biasa Tak Persis Sama dengan Kecerdasan Buatan

“Dan terasa sekali manfaatnya, misalnya di TMII sudah tidak ada lagi kendaraan yang nonlistrik. Nah ini di sini tadi masih ada beberapa kendaraan,” ujar Sandiaga.

Kepala Divisi Pemasaran dan Penjualan Pusat Pengelola Gelora Bung Karno Sri Lestari Puji Astuti mendukung industri kreatif supaya lebih mendukung pariwisata di Indonesia.

Meski masuk ke dalam Proyek Strategis Nasional, menurutnya, Stadion Utama Gelora Bung Karno akan tetap kembali ke marwahnya sebagai gelanggang olahraga yang digunakan untuk tim nasional sepak bola.

Baca Juga: Bupati Gianyar Hadiri Temu Bisnis UMKM dan Sosialisasi Mbiz Travel Fair

Dari okupansi pemakaian Stadion Utama Gelora Bung Karno didominasi oleh pemakaian olahraga.

Berdasarkan data 31 Desember 2021, kawasan Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta ditaksir mempunyai nilai aset Rp348,11 triliun

Aset tersebut berupa luas lahan sebesar 279,08 hektare dengan kawasan olahraga seluas 150,18 hektare atau 52,83 persen dari nilai aset.

Baca Juga: Produksi Jagung di Lebak Tembus 5.548 Ton dari Luas Lahan 1.554 Hektare 

Lalu kawasan komersial sebesar 68,37 hektare dengan persentase 23,67 persen dari nilai aset.

Kawasan pemerintah dengan luas 60,53 hektare dengan persentase 23,50 persen dari nilai aset. ***

Sumber: Orbit Indonesia

Berita Terkait