DECEMBER 9, 2022
Bisnis

Pemprov Sumut Sebut Thailand Berminat Investasi di Pematangsiantar

image
Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Sumatera Utara Faisal Nasution. (ANTARA/HO-Pemerintah Provinsi Sumatera Utara)

BISNISABC.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatra Utara (Sumut) mengatakan bahwa Thailand berminat untuk menjajaki lebih lanjut kemungkinan berinvestasi di Pematangsiantar.

Ketertarikan tersebut, kata Pemprov Sumut, setelah Thailand mengunjungi kota tersebut pada akhir Juni 2024.

"Konsulat Kehormatan Thailand berminat menjajaki kerja sama dengan RSUD di Pematangsiantar. Itu langsung diutarakan," ujar Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Sumatera Utara Faisal Nasution.

Baca Juga: IHSG Hari Jumat Ditutup Menguat Seiring Pelemahan Bursa Kawasan Asia

Menurut Faisal, nantinya keinginan tersebut terlebih dahulu akan disampaikan konsulat ke mitra-mitra bisnis mereka di Thailand.

Setelah itu, jika semua berjalan sesuai rencana, barulah akan diatur waktu pertemuan pihak Thailand dengan Pemprov Sumut dan Pemerintah Kota Pematangsiantar.

"Di sana (Pematangsiantar-red) sudah membuat IPRO (Investment Project Ready to Offer) untuk bekerja sama dengan pihak ketiga," tutur Faisal.

Baca Juga: Sempat Alami Kekeringan, Petani di Lebak Bersyukur Tanaman Padinya Selamat dari Puso

Dia melanjutkan, keinginan pihak Thailand disampaikan saat Pemprov Sumut melalui North Sumatera Invest (NSI) membawa membawa para konsulat jenderal (Konjen) negara sahabat yang ada di Medan untuk berkunjung ke beberapa wilayah di Sumut termasuk Pematangsiantar pada akhir Juni 2024.

Konjen yang mengikuti kegiatan tersebut yaitu Konjen RI di Penang, Konjen Singapura, Konjen USA, Konjen Jepang, Konjen Malaysia, Konjen Tiongkok, Konsulat Kehormatan Belanda di Medan, Konsulat Kehormatan Jerman dan Konsulat Kehormatan Thailand.

"Kami memang biasa mengajak beberapa perwakilan negara sahabat ke beberapa lokasi potensial. Tujuannya supaya mereka menyampaikan ke negaranya soal kunjungan tersebut dan potensi investasinya. Kalau mereka tertarik berinvestasi, mereka akan menyampaikan kepada kami di forum tertentu atau langsung ke saya," kata Faisal.

Baca Juga: Bantul Panen Bawang Merah pada Lahan Seluas 700 Hektare pada Juli hingga Agustus 2024

Dalam agenda tersebut, Wali Kota Pematangsiantar Susanti Dewayani menawarkan investasi proyek di RSUD dr Jasamin Saragih kepada perwakilan konsulat jenderal.

"Salah satu proyek di Pematangsiantar yang akan kami tawarkan kepada para delegasi ialah menjadikan RSUD dr. Jasamin Saragih sebagai pusat penanganan medis, strok dan layanan unggulan jantung," kata Susanti.

Pada tahun 2024, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara menyatakan realisasi investasi di wilayahnya mencapai Rp10,13 triliun pada triwulan I, dengan rincian penanaman modal dalam negeri (PMDN) tercatat Rp6,37 triliun dan penanaman modal asing (PMA) Rp3,76 triliun.

Baca Juga: Pemkot Kediri Sebut Harga Komoditas Bahan Pokok di Pasar Tradisional Masih Terjangkau 

Adapun target investasi di Sumut sepanjang tahun 2024 adalah sebesar Rp58 triliun.

Sumber: Antara

Berita Terkait