DECEMBER 9, 2022
Bisnis

Bantu UMKM, Pemkab Bangka Selatan Terapkan Program Gratis Ongkir

image
Pemkab Bangka Selatan gratiskan ongkir pengiriman produk UMKM, Rabu (10/7) (ANTARA/Ahmadi)

BISNISABC.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Selatan membantu para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memasarkan produknya melalui program gratis ongkos kirim (ongkir).

Kepala Bidang Perikanan Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Bangka Selatan, Ivan Sumirno mengatakan, program gratis ongkir ini bertujuan untuk membantu meringankan beban para pelaku UMKM dalam proses pengiriman produk ke luar daerah.

"Program ini benar-benar langsung menyentuh kepada pelaku UMKM, karena dapat meningkatkan penjualan dan pendapatan mereka," ujarnya, seperti dikutip dari Antara pada 10 Juli 2024.

Baca Juga: Hadir pada Diskusi Satupena, Okky Madasari Sebut Penulis Harus Meramu Imajinasi dan Realita

Ia mengatakan, program yang telah berjalan hampir empat tahun tersebut bekerja sama dengan PT Pos Indonesia cabang Toboali.

"Gratis ongkir yang disiapkan ini sebanyak 3 kilogram setiap kali pengiriman. Pada saat pengiriman akan ditempel stiker gratis ongkir yang telah disiapkan," ujarnya.

Ivan mengatakan, dengan adanya program gratis ongkir yang diberikan oleh pemerintah beberapa tahun terakhir ini, pelaku UMKM telah mengirimkan produknya hingga ke Papua, Kalimantan dan daerah lainnya di Indonesia.

Baca Juga: Guna Cegah Inflasi, Pemprov Maluku Gencarkan Pasar Murah 

"Jadi program gratis ongkir ini sangat membantu pelaku UMKM dalam meningkatkan penjualan," ujarnya.

Ia mengatakan, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh para pelaku UMKM untuk mendapatkan program gratis ongkir seperti sertifikat produksi pangan industri rumah tangga dari dinas kesehatan, sertifikat halal dan beberapa persyaratan lainnya.

"Program gratis ongkir ini khusus untuk produk hasil dari perikanan karena Bangka Selatan terkenal dengan produk perikanannya seperti keretek, terasi, kericu, dan produk lainnya," ujarnya.

Baca Juga: PLN Pulihkan Listrik Akibat Dua Gardu Distribusi Terendam Banjir di Sidrap dan Soppeng

Ia menambahkan, saat ini sudah ada sebanyak 30 pelaku UMKM yang menerima dan merasakan manfaat dari program gratis ongkir yang diberikan oleh pemerintah kabupaten Bangka Selatan.

"Untuk ke depan program ini akan terus kami tingkatkan lagi terutama dari sisi anggaran karena saat ini anggarannya sekitar Rp40 juta. Mudah-mudahan tahun depan lebih meningkat sehingga lebih banyak lagi pelaku UMKM yang bisa diakomodir," ujarnya.***

Sumber: Antara

Berita Terkait