DECEMBER 9, 2022
Bisnis

Tingkatkan Produktivitas Padi, Pupuk Indonesia Siapkan 4.800 Ton Pupuk Subsidi di Bone Sulsel

image
Pupuk Indonesia siapkan 4.800 ton pupuk subsidi di Bone Sulsel. (ANTARA/HO-Pupuk Indonesia)

BISNISABC.COM - PT Pupuk Indonesia (Persero) menyiapkan stok pupuk subsidi lebih dari 4.800 ton untuk awal Juli 2024 di Bone.

PT Pupuk Indonesia bermaksud untuk meningkatkan produktivitas padi dan kesejahteraan petani di wilayah tersebut.

Direktur Transformasi Bisnis Pupuk Indonesia, Panji Winanteya Ruky mengatakan dukungan untuk mendorong suksesnya program bantuan pompa irigasi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat mengunjungi Desa Jaling, Kabupaten Bone.

Baca Juga: Perdana, Pemprov Sumut Ekspor 2.500 Kg Kerupuk Ikan Patin ke Malaysia

"Dengan adanya bantuan pompa irigasi dari pemerintah, petani di Bone sekarang sudah bisa menggarap lahannya hingga tiga kali dalam setahun, sudah seperti lahan pertanian di Indonesia pada umumnya," ujar Panji, seperti dikutip dari Antara pada 7 Juli 2024. 

"Agar mendapatkan hasil yang optimal tentu diperlukan ketersediaan pupuk, sehingga produktivitasnya meningkat dan kesejahteraan petani juga bertambah," imbuhnya. 

Panji, yang turut hadir dalam kunjungan Presiden Jokowi, menyampaikan bahwa lahan pertanian di Bone sebagian besar merupakan lahan tadah hujan.

Baca Juga: PLN Pulihkan Listrik Akibat Dua Gardu Distribusi Terendam Banjir di Sidrap dan Soppeng

Agar tetap produktif, pemerintah memperbaiki irigasi melalui bantuan 300 pompa. Selama ini, kata dia, petani hanya mengandalkan air hujan untuk pengairan, sehingga dalam setahun, petani hanya bertani satu kali saja.

Pada 2024, pemerintah mengalokasikan pupuk bersubsidi sebanyak 137.342 ton di Kabupaten Bone. Rinciannya, pupuk urea 61.500 ton, NPK Phonska 61.290 ton, NPK kakao 2.100 ton, dan pupuk organik sebanyak 12.452 ton.

Adapun stok pupuk bersubsidi yang kini ada di kios dan bisa langsung ditebus petani Bone antara lain pupuk urea bersubsidi 2.682 ton dan NPK Phonska 2.101 ton. 

Baca Juga: Era Artificial Intellegence: Tiga Jenis Penulis dan Teror Mental Putu Widjaya, Sekapur Sirih Denny JA

Selain itu, Pupuk Indonesia juga menyiapkan stok NPK kakao di kios sebanyak 34 ton. Stok pupuk ini aman untuk memenuhi kebutuhan petani di Bone selama 14 hari ke depan.***

Sumber: Antara

Berita Terkait