DECEMBER 9, 2022
Bisnis

Promosi Wisata Lokal, Pemkab Bangka Barat Tingkatkan Peran Pemuda 

image
Bupati Bangka Barat Sukirman foto bersama para finalis Bujang-Dayang Bangka Barat 2024. (ANTARA/HO-Diskominfo Bangka Barat)

BISNISABC.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Barat mengupakan peningkatkan peran aktif para pemuda dalam melakukan promosi berbagai potensi wisata lokal.

Sebab, Bangka Barat dinilai kaya akan potensi sumber daya alam yang indah dan mengesankan, selain itu juga memiliki potensi budaya dan sejarah. 

"Potensi ini perlu terus dikenalkan agar pariwisata semakin berkembang dan memberikan dampak positif terhadap perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bangka Barat Muhammad Ali.

Baca Juga: Review Singkat HUAWEI MateBook 14 2024, Laptop Kelas Menengah dengan Performa Luar Biasa

Dalam upaya meningkatkan peran aktif generasi pemuda terlibat dalam gerak pembangunan pariwisata daerah.

Saat ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bangka Barat menggelar pemilihan Bujang-Dayang yang diharapkan mampu menjadi model percontohan dan penggerak promosi wisata lokal.

Ia mengatakan pemilihan Bujang-Dayang Bangka Barat merupakan agenda rutin tahunan yang saat ini telah menjadi salah satu ajang bergengsi untuk mencari generasi muda terbaik menjadi promotor, edukator dan fasilitator dalam pengembangan pariwisata dan budaya daerah.

Baca Juga: Salurkan Beasiswa Santri dan Mahasiswa Berprestasi, Pemkab Nagan Raya: Bentuk Komitmen Pemerintah

Bujang-Dayang juga diharapkan mampu menjadi contoh bagi generasi muda lainnya di tengah derasnya arus globalisasi yang membuat ajang ini menjadi penting dilaksanakan guna mencari generasi muda yang nantinya mampu untuk terus melindungi melestarikan kekayaan daerah yang ada.

"Hal ini sejalan dengan tema pemilihan Bujang-Dayang Bangka Barat 2024, yaitu 'The Rise Of Central Malay'," ujarnya, seperti dikutip dari Antara, pada 6 Juli 2024.

Tahapan demi tahapan sudah dilewati oleh 10 pasang finalis Bujang-Dayang bangka Barat 2024, mereka telah menyisihkan ratusan peserta audisi.

Baca Juga: BPOLBF Berharap Dubes Asing Jadi Agen Promosi Pariwisata Labuan Bajo

Pada pemilihan Bujang-Dayang kali ini para peserta dibekali berbagai materi yang akan berguna untuk bekal di masa mendatang, baik dalam tugas menjalankan promosi maupun kemampuan pribadi untuk menghadapi tantangan dalam kehidupan sehari-hari.

"Kami berharap kepada finalis juga dapat memaksimalkan potensi yang ada di diri masing- masing, terutama untuk memajukan pariwisata dan budaya daerah di Kabupaten Bangka Barat sehingga nanti bisa lebih dikenal di tingkat nasional maupun internasional," katanya pula.

Final Pemilihan Bujang Dayang Duta Wisata Bangka Barat tahun ini akan digelar pada Sabtu (6/7) malam, di halaman Museum Timah Indonesia Mentok.

Baca Juga: 4 Strategi Mudah Memulai Bisnis Fashion Agar Sukses Besar

Sebanyak 10 pasang finalis Bujang-Dayang Bangka Barat masih menjalani proses karantina yang dimulai sejak Rabu (3/7), dengan mengikuti berbagai aktivitas dan pembekalan materi yang diberikan panitia dan para narasumber kompeten sesuai bidang masing-masing.

Menjelang final pemilihan Bujang-Dayang Bangka Barat 2024, Bupati Bangka Barat Sukirman menyempatkan diri mengunjungi para peserta yang sedang melaksanakan latihan dan gladi bersih.

Bupati berpesan kepada para peserta untuk terus menjunjung tinggi sportivitas dan tidak berhenti menambah wawasan pengetahuan dan meningkatkan kemampuan diiri dalam berbagai hal.

Baca Juga: Intensifkan Penyaluran Beras dan Jagung Murah di Tulungagung, Bulog: Stabilisasi Pasokan

"Dalam kompetisi, kalah menang itu adalah hal yang selalu terjadi. Terus belajar, memperluas wawasan dan perkaya kemampuan diri, agar mampu membawa nama baik Kabupaten Bangka Barat ke kancah domestik bahkan internasional," katanya lagi.

Ia juga mengajak para pemuda Bangka Barat agar semakin berprestasi di tingkatan berikutnya dengan tetap menjaga adab, adat istiadat, dan tetap berperilaku baik.***

Sumber: Antara

Berita Terkait