DECEMBER 9, 2022
Bisnis

Tingkatkan Produksi, Pemkab Jayapura Kirim 4 Ton Biji Kakao ke Bali

image
Pj Bupati Jayapura Triwarno Purnomo saat menyerahkan biji kakao untuk dikirim secara simbolis kepada Direktur PT Bali Coklat di Sentani. (ANTARA/Yudhi Efendi)

BISNISABC.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura mengirimkan empat ton biji kakao ke Bali melalui Pelabuhan Jayapura.

Pengiriman biji kakao tersebut ditandai dengan penyerahan secara simbolis oleh Penjabat Bupati Jayapura Triwarno Purnomo kepada Direktur PT Bali Coklat, Ida Bagus Namarupa.

Penjabat Bupati Jayapura, Triwarno Purnomo mengatakan pengiriman biji kakao ke Bali dapat memacu petani untuk terus meningkatkan produksi.

Baca Juga: Jelang Ramadhan, Harga Komoditas Telur dan Ayam Mulai Merangkak Naik

“Semakin meningkatnya produksi kakao maka kelompok-kelompok tani akan memperoleh pendapatan yang semakin besar sehingga mempengaruhi kesejahteraan mereka,” katanya.

Menurut Penjabat Bupati, pihaknya meminta Dinas Perkebunan dan Peternakan untuk mendorong petani kakao untuk meningkatkan produksi karena pabrik coklat di Bali langsung datang membeli biji kakao dari petani.

“Ini sungguh luar biasa, di mana hal baik ini harus dipertahankan terus sehingga petani kakao akan sejahtera dan kejayaan kakao seperti masa lalu dapat terulang kembali,” ujarnya.

Baca Juga: Mencapai penjualan tahunan sebesar Rp 1,1 miliar, Co-Founder Minang Kakao: Manajemen Umum Perkebunan mendukung branding dan pemasaran 

Dia berharap kelompok tani kakao di Kampung Klaisum Distrik Nimbokrang, dapat menjaga kualitas kakao premium yang diminati oleh PT Bali Coklat (Jungle Gold Factory Bali).

“Petani harus menjaga kepercayaan PT Bali Coklat dengan mempertahankan kualitas kakao dari Kabupaten Jayapura supaya kerja sama ini terus terjalin,” katanya.

Sementara itu Direktur PT Bali Coklat (Jungle Gold Factory Bali) Ida Bagus Namarupa mengatakan kerja sama dengan petani kakao Papua dari Kabupaten Jayapura menandakan bahwa kualitas kakao yang baik mampu menghasilkan coklat premium yang berkualitas.

Baca Juga: Guna Menjaga Ketertiban dan Kebersihan, Pemkot Kendari Minta Pedagang Kaki Lima Melapak di Pasar

“Ini akan menjelaskan kepada dunia bahwa biji kakao Kabupaten Jayapura sangat berkualitas yang mampu menghasilkan coklat premium dengan cita rasa internasional,” ujarnya.***

Sumber: Antara

Berita Terkait